Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Budaya Rimpu di Kabupaten Bima

Islamic Educational Values in the Rimpu Culture in Bima Regency

Authors

  • Hairunnisa Hairunnisa Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ishomuddin Ishomuddin Universitas Muhammadiyah Malang
  • Muhammad Kamaludin Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.22373/jsai.v4i3.3310

Keywords:

Rimpu, Acculturation, Islamic Values, Bima

Abstract

Rimpu represents one of the local cultures that has undergone acculturation with Islamic teachings and has become an identity for Muslim women in the Bima area. This study aims to identify the Islamic educational values contained within the Rimpu. The research method used is qualitative, with data obtained through interviews and documentation and data analysis performed using data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The findings show that Rimpu embodies values of morality, worship, and aesthetics. Rimpu reflects a personality that preserves, maintains courtesy, and upholds modesty between men and women in terms of morality. In terms of worship, the use of Rimpu signifies compliance in covering one’s aurat, reflecting devotion and worship to Allah SWT. Aesthetically, the colors and motifs on tembe nggoli, the main material of Rimpu, hold deep meanings and philosophies in line with Islamic teachings. This study concludes that Rimpu is not just clothing but also a medium that integrates religious, social, and aesthetic aspects, reflecting the identity and values within the Bima community society.

Abstrak
Rimpu mewakili salah satu budaya lokal yang telah mengalami akulturasi dengan ajaran Islam dan menjadi identitas bagi Muslimah di daerah Bima. Penelitian bertujuan mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam Rimpu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi serta analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rimpu menggambarkan nilai-nilai akhlak, ibadah, dan estetika. Dalam aspek akhlak, Rimpu mencerminkan kepribadian yang terjaga, sopan santun, dan menjaga pandangan antara perempuan dan laki-laki. Secara ibadah, penggunaan Rimpu menandakan kepatuhan dalam menutup aurat, merefleksikan bentuk penghambaan dan ibadah kepada Allah SWT. Dari segi estetika, warna dan motif pada tembe nggoli, bahan utama Rimpu, memiliki makna dan filosofi mendalam sesuai dengan ajaran Islam. Kajian ini menyimpulkan bahwa Rimpu tidak hanya sebagai pakaian, tetapi  juga sarana yang mengintegrasikan aspek keagamaan, sosial, dan estetika yang merefleksikan identitas serta nilai-nilai dalam komunitas masyarakat Bima.

References

Aksa. 2018. “Rimpu : Tradisi Dan Ekspresi Islam Di Bima.” Jurnal MIMIKRI 4(1):83–91.

Annur, Cindy Mutia. 2023. “Jumlah Populasi Muslim Di Kawasan ASEAN (2023.” Databoks.

Arsylia, Indri Ayu. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terkandung Dalam Acara Sanggring Di Desa Mulya Asri Kecamatan Tulang Bawang Barat Kabupaten Tulang Bawang Tengah.” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Aulia, Rihlah Nur. 2013. “Rimpu: Budaya Dalam Dimensi Busana Bercadar Perempuan Bima.” Jurnal Studi Al-Qur An 9(2):94–108.

Erikvan, Badarwan, and Husain Insawan. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Ritual Mo Basa-Basa Di Desa Labokeo Kabupaten Konawe Selatan.” Dirasah Jurnal Pendidikan Islam 1(1):26–32.

Ernawati, Sri, and Mulyadin. 2019. “Budaya Rimpu Dalam Perilaku Konsumen Suku.” Pp. 448–60 in Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-3. Asahan.

Fitriana, Ayu, and Suharno. 2019. “Budaya Rimpu Sebagai Eksistensi Perempuan Islam Di Tanah Bima.” Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya 21(2):211. doi: 10.25077/jantro.v21.n2.p211-217.2019.

Helaluddin. 2017. “Mengenal Lebih Dekat Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif.” Jurnal Empati 6(1):7–8.

Ismaya, Nada, Ratnawati Ratnawati, and Dina Hajja Ristianti. 2020. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Kendurei Dulang Pat.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 2(3):80–98. doi: 10.36671/andragogi.v2i3.103.

Khatimah, Husnul, and Ahmad Rivauzi. 2022. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI TURUN MANDI DI KELURAHAN TANAH GARAM KOTA SOLOK.” Islamika 4(4):528–40.

Kurniasih, Septiyani Dwi. 2018. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Upacara Panggih Penganten Banyumasan.” Jurnal Penelitian Agama 19(1):117–50. doi: 10.24090/jpa.v19i1.2018.pp117-150.

Kusmidi, Henderi. 2016. “Konsep Batasan Aurat Dan Busana Muslimah Dalam Perspektif Hukum Islam.” El - Afkar 5(2):97–106.

Lamusiah, Siti. 2013. “Estetika Budaya Rimpu Pada Masyarakat Bima:Kajian Religiusitas.” Jurnal Media Bina Ilmiah 7(III):19–20.

Malingi, Alan. 2010. Ragam Pakaian Adat Bima Dompu. Mataram: Mahani Persada.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebokk,. 3rd ed. edited by T. R. Rohidi. Jakarta: UI Press.

Nurdin. 2021. “Analisis Semiotik Roland Barthes Terhadap Busana Rimpu Wanita Bima.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7(3):699–707. doi: 10.58258/jime.v7i3.2670.

Salam, Abd. 2022. “Karakter Maja Labo Dahu Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Bima.” Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan 13(2):98–106. doi: 10.47625/fitrah.v13i2.391.

Taufik, Muhammad. 2016. “Harmoni Islam Dan Budaya Lokal.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 12(2):255. doi: 10.18592/jiu.v12i2.692.

Yati, Suci, Endang Nila Hardianti, Khusnul Khatimah, and Bustan. 2019. “Budaya Rimpu Di Kalangan Anak Muda Bima.” Jurnal Kajian Sosial Dan Budaya 3(2):122–29.

Zuriatin, Zuriatin, and Nurhasanah. 2018. “Kebudayaan Islam Yang Berkembang Di Kesultanan Bima Pada Abad Ke XVII M.” Jurnal Pendidikan Ips 8(2):129–38. doi: 10.37630/jpi.v8i2.126.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Hairunnisa, H., Ishomuddin, I., & Kamaludin, M. . (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Budaya Rimpu di Kabupaten Bima: Islamic Educational Values in the Rimpu Culture in Bima Regency . urnal osiologi gama ndonesia (JSAI), 4(3), 342–353. https://doi.org/10.22373/jsai.v4i3.3310

Issue

Section

Research Articles