Optimalisasi Kompetensi Literasi Digital Guru PAI Melalui Program KKG Kota Sabang
DOI:
https://doi.org/10.22373/fitrah.v6i2.6030Keywords:
Literasi Digital, Guru Pendidikan Agama Islam, Program Kelompok Kerja Guru (KKG)Abstract
This study explores the digital literacy competencies of Islamic Religious Education (IRE) teachers in Sabang City. It also examines the role of Teacher Working Groups (KKG) in enhancing these competencies, as well as the strategies implemented by KKG to support teacher development. A mixed-methods approach was adopted, involving data collection through interviews, observations, questionnaires, and documentation. The findings indicate that the digital literacy competencies of IRE teachers vary, from basic technology usage to the creative and effective integration of technology in teaching. Factors influencing the development of digital literacy competencies include, such as, experience, training, and institutional support. The KKG program significantly contributes by implementing developmental initiatives such as technology-based training, workshops, seminars, and sharing best practices in digital media usage. The strategies applied by KKG include developing curricula for technology-based training, mentoring teachers, and providing continuous monitoring to ensure effective implementation. Furthermore, KKG promotes collaboration among teachers, which enhances the effectiveness of digital learning and mastery of digital media as teaching tools.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kompetensi literasi digital guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kota Sabang, peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kompetensi tersebut, dan strategi yang diterapkan oleh KKG. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran, dengan pengupulan data melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa kompetensi literasi digital guru PAI bervariasi, mulai dari kemampuan dasar penggunaan teknologi hingga kemampuan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran secara kreatif dan efektif. Faktor-faktor yang memengaruhi pengembangan kompetensi literasi digital guru PAI meliputi pengalaman, pelatihan, dan dukungan institusi. Program KKG berkontribusi signifikan melalui inisiatif pengembangan, seperti pelatihan berbasis teknologi, lokakarya, seminar, dan berbagi praktik terbaik dalam penggunaan media digital. Strategi yang diterapkan KKG meliputi pengembangan kurikulum pelatihan berbasis teknologi terbaru, pendampingan kepada guru, serta pemantauan berkelanjutan untuk memastikan penerapan yang efektif. Selain itu, KKG mendorong kolaborasi antar guru yang berkontribusi pada peningkatan efektivitas pembelajaran digital dan penguasaan media digital sebagai alat pengajaran.
References
A’yun, Qurrota. “Analisis Tingkat Literasi Digital Dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 5, no. 1 (2021): 273.
Akhyar, Muaddyl. “Penerapan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Dirasah 7, no. 2 (2024): 606–18.
Amiruddin. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Literasi Digital.” Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) 7, no. 1 (2020): 168–80.
Asari, Andi. “Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang.” BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi 3, no. 2 (2019): 98–104.
Astuti, Ni Wayan Widi, and Kadek Suryadi Artawan. “Pentingnya Meningkatkan Literasi Digital Guru Untuk Menjawab Tantangan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Seminar Nasional (PROSPEK II), 2022, 170.
Elys, H. “Peran Kompetensi Profesional Guru PAI.” Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 3, no. 2 (2022): 181–200.
Hasriadi. “Pemanfaatan Teknologi Dalam Membuat Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 11, no. 1 (2022): 17–28.
https://pendis.kemenag.go.id/read/dari-100-nilai-rata-rata-uji-kompetensi-guru-hanya-35, diakses tanggal 17 Juli 2024.
Husna, Jazimatul. Antologi Literasi Digital. Yogyakarta: Azyan Mitra Media, 2017.
Indriawati. “Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Pengembangan Keprofesionalan Guru Di Madrasah.” JPG: Jurnal Pendidikan Guru 4, no. 1 (2023): 80–84.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) Dalam Jabatan Batch-2 Tahun 2021.
Listia, “Pengembangan Kompetensi Profesional Guru PAI,” Jurnal Edukatif, Vol. 1, No. 2, 2023.
Lisyawati, Elis. “Literasi Digital Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada MA Nurul Qur’an Bogor.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 21, no. 2 (2023): 224–42.
Ma’arif, Alwi Ilqam, and Mukh Nursikin. “Evolusi Desain Pembelajaran PAI: Menyongsong Era Digital Dengan Metode Yang Efektif.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 3 (2024): 41139–48.
Nasution, Julia Ningsih. “Membangun Pendidikan 4.0: Peran Vital Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan 5, no. 3 (2024): 1083–95.
Mukh Nursikin, “Evolusi Desain Pembelajaran PAI: Menyongsong Era Digital dengan Metode yang Efektif,” Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 8, No. 3, 2024.
Nurhasanah, Sitti. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Edu Pustaka, 2019.
Putri, Maulidani, Sulaiman, and Tursina Wati. “Peran Guru Dalam Program Merdeka Di SD Negeri 2 Meureudu.” Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 9, no. 4 (2024): 71–84.
Ramaliya. “Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran.” Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman 9, no. 1 (2018): 77–88.
Rivalina, Rahmi. “Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Teknodik 1, no. 1 (2015): 165–76.
Sakti, Abdul. “Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital.” Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT) 2, no. 2 (2023): 212–19.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sumarni, Yani. “Manajemen Pelatihan Guru PAI Dalam Meningkatkan Kompetensi IT Untuk Mewujudkan Mutu Pembelajaran Siswa.” SOSAINS Jurnal Sosial Dan Sains 1, no. 10 (2021): 1152–68.
Surani. “Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2, no. 1 (2019): 356–469.
Taufiq, Moh, and Achmad Imam Basori. “Pendampingan Peningkatan Kompetensi Kelompok Kerja Guru (KKG)-PAI SDN Sidotopo1/48 Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” Jurnal Pengabdian West Science 3, no. 7 (2024): 982–93.
Wahab, Jamal. “Guru Sebagai Pilar Utama Pembentukan Karakter.” Jurnal UIN Alauddin 11, no. 2 (2022): 351–62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusniar Yusniar, Salami Mahmud, Zulfatmi Zulfatmi, Aisyah Aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Acces)