PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENANGANI DISIPLIN SISWA SEKOLAH DI SMAN 2 BANDA ACEH

Authors

  • Wanty Khaira Uin ar-raniry
  • Nadila Siti Zuina

DOI:

https://doi.org/10.22373/fitrah.v5i2.4088

Keywords:

Kata Kunci: layanan Informasi, Discovery Learning, Disiplin Sekolah

Abstract

 

ABSTRAK

Discovery learning adalah salah satu metode belajar bermakna dari pendekatan konstruktivis pada pendidikan yang merupakan pembelajaran dengan penemuan melalui keterlibatan aktif peserta didik dan mendorong mereka menemukan prinsip bahkan persepsi baru bagi diri mereka sendiri. Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengetahui Pengggunaan Layanan Informasi Berbasis Metode Discovery Learning Untuk Menangani Disiplin Sekolah di SMAN 2 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen  (One Group Pretesst Posstest Design). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada seluruh siswa kelas XI IPS. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 2, Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 orang dan menggunakan teknik Purposive sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 6 orang sesuai hasil angket pre-test. Sampel diberikan treatment berupa layanan informasi berbasis metode discovery learning. Penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan antara nilai Pre-Test dan Post-Test dimana adanya peningkatan kedisiplinan sesudah diberikan treatment  yang ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis yaitu perolehan ttabel < thitung = 2.571 < -9.260. Dari perbandingan tersebut dapat diputuskan bahwa Ho tidak dapat diterima, dengan kata lain Ha tidak dapat ditolak. Berdasarkan hasil keputusan tersebut dapat disimpulkan bahwa Layanan Informasi Berbasis Metode Discovery Learning Dapat Menangani Disiplin Sekolah di SMAN 2 Banda Aceh.

References

DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Tanzeh. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.
Andri Wicaksono, dkk. (2015). Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan. Singkat). Yogyakarta: Garudawacha.
Anyafulude, Joy Chinelo. (2013). Effects of Problem-Based and Discovery-Based Instructional on Students’ Academic Achievement in Chemistry. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching Journal of Science and Technology
Bahri Djamarah, Syaiful. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Deni Febirani. (2011). Bimbingan Konseling. Bengkulu:Teras
Denrich, Suryadi. (2004). Gambaran Konflik Emosional Dalam Menentukan Prioritas Peran Ganda, Jurnal Ilmiah Psikologi Arkhe
Durri Andriani, dkk. (2016). Metode Penelitian. Tanggerang: Universitas Terbuka
Elizabeth B. Hurlock. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga
Frank G. Goble. (1991). Mazhab Ketiga: Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Hardani dkk. (2020). Metode Penelitan Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group
Hasan langgulung. (1988). Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta : Pustaka Alhusna
Hurlock. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga Press.
Jamil Suprihatiningrum. (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
M. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Malik. (2001). Discovery learning. Bandung: Citra Adiya
Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika
Mohamad Mustari. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Muhammad Khafid Suroso, Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi, Jurnal Pendidikan (Online). Vol 2 No 2. Tersedia web... Diunduh 20 Agustus 2021.
Muhibbin, Syah. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya
Mukhlishah. (2012). Administrasi dan Manajemen Bimbingan Konseling di sekolah. Surabaya: Dwiputra Pustaka Jaya
Muksalmina. (2018). ‘Efektivitas Sistem Informasi Akademik (Siakad) Online UIN Ar-Raniry Dalam Proses Tri Dharma Perguruan Tinggi (Studi Pada FDK UIN Ar-Raniry’, Jurnal Imliah Dakwah Dan Komunikasi, 32.1
Mulyasa. (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development. Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Perry Roy Hilton and Charlotte Brownlow. (2004). SPSS Explained, East Sussex: Routledge
Prayitno. (1999). Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMU. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum
Prayitno, Erman Amti. (2016). Dasar-dasar Bimbingan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta
Prijodarminto. (2004). Disiplin kiat Menuju Sukses, Jakarta: PT. Pratnya Pramito
Reza Farhadian. (2005). Menjadi Orang Tua Pendidik. Jakarta : Al-Huda
Rifa’i, Ahmad & Catharina Anni. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Rifa’i, Ahmad & Catharina Anni. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Shinta Ratnawati. (2000). Keluarga, Kunci Sukses Anak. Jakarta: Kompas
Slameto. (1986). Bimbingan di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara.
Slavin, R. E. (1977). Classroom reward structure: An analytical and practical review. Review of Educational Research, 47(4), https://doi.org/10.2307/1170003
Soegeng Prijodarminto. (2004). Disiplin kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT. Pratnya. Pramita
Sudarwan Danim & Khairil. (2010). Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru). Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.
Suharsimi. (2001). Prosedur Peneliatian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Suharsimi, Arikunto. (1990). Disiplin Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suharsimi, Arikunto. (1990). Disiplin Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suherman, Erman dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia
Sutrisno Hadi. (1991). Analisis Butir Untuk Instrumen Angket, Tes dan Skala Nilai Dengan Basica. Yogyakarta: Andi Offset
Sutrisno, Edi. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sylvia Rimm. (2003). Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Thomas W. Phelan. (2009). 1-2-3 Magic Cara Ajaib Mendisiplinkan Anak Tahun 2-12 Tahun. Yogyakarta: ANDI
Tohirin. (2008). Bimbingan dan Konseling disekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers
Tulus Tu’u. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo.
W. S Winkel dan M.M. Sri Hastuti. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Wibowo. (2012). Manajmen Kerja. Jakarta: Grasindo
Winkel dan Sri Hastuti. (2007). Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: Media Abadi.
Yusuf Gunawan. (1987). Pengantar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Khaira, W., & Nadila Siti Zuina. (2023). PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENANGANI DISIPLIN SISWA SEKOLAH DI SMAN 2 BANDA ACEH. ITRAH: nternational slamic ducation ournal, 5(2), 199–225. https://doi.org/10.22373/fitrah.v5i2.4088