FAKTOR PENYEBAB STRES AKADEMIK SISWA REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.22373/fitrah.v5i1.2992Keywords:
Stres Akademik, Siswa RemajaAbstract
ABSTRAK
Artikel ini membahas tentang factor-faktor yang menyebabkan Stres akademik pada siswa remaja. Stress Akademik merupakan suatu keadaan individu di mana mendapat terlalu banyak tekanan dan tuntutan sehingga tidak mampu mengelola tugas akademik dengan baik. Stres akademik termasuk pada kategori distress, yaitu stres yang bersifat merusak dan dapat menyebabkan individu merasa tidak berdaya, frustasi dan, kecewa. Stres memiliki risiko terhadap tugas akademik ketika frekuensi terjadinya sangat sering dan dikelola dengan cara yang salah. Indiktor stres yang dialami oleh siswa remaja terlihat dari fisik yang mudah lelah, sering sakit kepala, tubuh tidak mampu beristirahat dengan maksimal, sulit berkonsentrasi, malas belajar, tidak semangat, sering menggerutu dan menyalahkan orang lain dan melakukan berbagai kegiatan yang tidak baik lainnya seperti: membolos, berkelahi, berbohong. Mekanisme pelepasan stres yang dilakukan oleh remaja sering kali bersifat merugikan terhadap dirinya ataupun orang lain. Dengan begitu besar dampak yang disebabkan oleh stress terhadap tugas akademik maka perlu untuk dikenali factor yang menjadi penyebab stress akademik yang dialami siswa remaja.
References
Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: PT. Rineka Cipta Azwar, S. 2000, 2006)
Calaguas, G., ‘No TitleCuruikulum and Sex-Specific Differences in Acadenic Stress Arising from Perceived Exspectation’, Interbnational Journal of Human and Social Sainces, 6 (1) (2011), 63–66
Dadang, Hawari, Manajemen Stres Cemas Dan Depresi, Jakarta: Balai Penerbit FKUI (Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2001)
Dale Carnegie & Associates, Overcoming Worry and Stress, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2016). 106-107
Ekawarna, M.Psi, Prof. Dr. Drs. H, Manajemen Konflik Dan Stres, ed. by Fatmawati B, Jakarta : Bumi Aksara (Jakarta Timur: PT Bumi Aksara, 2018)
Fevre, Mark Le, Kolt, Gregory S., dan Matheny, Jonathan. Eustress, distress and their interpretation in primary and secondary occupational stress management interventions: which way first. Journal of Managerial Psychology, Vol. 21 No. 6, 2006, h. 548
Gibson, James L. et al. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Diterjemahkan oleh Ninuk Adriani. (Jakarta: Binarupa Aksara, 1996) h. 118
Hawari, D, No TitleManagemen Stress, Cemas Dan Depresi (Jakarta: FKUI, 2001)
Hurlock, Elizabeth B., PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Suatu Pendakatan Sepanjang Rentang Kehidupan (jakarta: Erlangga, 1991)
Lestari, T, Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan (Yogyakarta: Nuha Medika, 2015)
Lin, Y. M., & Chen, F. S. Academic stress inventory of students at universities and colleges of technology. Jurnal World Transactions on Engineering and Technology Education, 7(2), 2009, h. 157-161.
Manurung, Nixon, Terapi Reminiscence, Solusi Pendekatan Sebagai Upaya Tindakan Keperawatan Dalam MEnurunkan Kecemasan Stres Dan Depresi (Jakarta: Trans Info Media, 2016)
Mudzakir, Abdul Mujid dan Yusuf, Nuansa -Nuansa Psikologi Islami (Jakarta: Raja Graffino Persada, 2001)
Muksalmina, ‘Efektivitas Sistem Informasi Akademik (Siakad) Online UIN Ar-Raniry Dalam Proses Tri Dharma Perguruan Tinggi (Studi Pada FDK UIN Ar-Raniry’, Jurnal Imliah Dakwah Dan Komunikasi, 32.1 (2018), 1–113
Rahmawati, Weni Kurnia, ‘Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Menangani Stres Akademik Siswa’, JKI (Jurnal Konseling Indonesia), Vol 2.No 1 (2016), hlm 28.
Shahmohammadi, ‘Students` Coping with Stress at Hight School Level Particulary at 11th & 12th & 12th Grade. Grade.’, Jurnal Social and Behavioral Sciences, 30 (2011), 395–401
Singgih D. Gunarsa, Psikologi Remaja (Jakarta: Gunung Mulia, 1988)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, 14th edn (Bandung: Alfabeta, 2011)
Yusuf, ‘Faktor Faktor-Yang-Mempengaruhi-Stres Akademik’, Psyche 165 Journal, 13 (2020), 235–39