Implementasi Permainan Truth or Dare Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Permasalahan Pada Anak Slow Learner di SMK Negeri 3 Banda Aceh.

Authors

  • Rizka Atika UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Mukhlis UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Usfur Ridha UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Fakhri Yacob UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

: PermainanTruth or Dare, Bimbingan Kelompok, Slow Learner.

Abstract

Abstrak.

Slow learner adalah anak dengan tingkat penguasaan materi yang rendah.  Perilaku mereka cenderung pendiam dan pemalu, sehingga mereka kesulitan untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Mereka memiliki cirri fisik normal namun sulit menangkap materi, responnya lambat, kosa katanya kurang sehingga bila berbicara kurang jelas. Kenyataan yang terjadi di SMKN 3 Banda Aceh terdapat beberapa siswa kelas X Tata Busana mengalami slow learner, sehingga perlu upaya/strategi membantu anak slow learner menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan media permainan truth or dare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi permainan truth or dare melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengatasi permasalahan pada anak slow learner di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana berjumlah 164 siswa. Total sampel penelitian berjumlah 9 siswa, dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen berbentuk One Group Pretest-Postest Desain. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala slow learner. Setelah memperoleh data di analisis menggunakan pengujian hipotesis uji t-tes diperoleh t-hitung > t-tabel yaitu 25.227 > 1.833 pada taraf signifikasi α = 0,05, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikansi dari implementasi permainan truth or dare melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi permasalahan pada anak slow learner di SMK Negeri 3 Banda Aceh.

 

Kata kunci: PermainanTruth or Dare, Bimbingan Kelompok, Slow Learner.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aprilia, A, E, R., & Kusnan, K. (2020). Studi Penggunaan Maket Instalasi Lisrik Pada Mata pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung di SMK Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajianptb/article/view/36129/32187

Eliza, F., Syamsuarnis, S., Myori, D. E., & Hamdani, H. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Diklat Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana. INVOTEkK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(1): 1-10.

Haq, F, R., & Elfizon, E. (2022). Penerapan Model Project-Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2). http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/194

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jawa Barat: Hidayatul Quran Kuningan.

Indonesia, SN. (2011). Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2011. Jakarta: BSN.

Mawardi, M, Fathiah, & Annas, K., (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Snowbal Throwing Pada Pembelajaran Dasar Telekomunikasi. Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 6(1). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2566764

Nuryani, ddk. (2017). Dasar-Dasar Statistik. Yogyakarta: Sibuku Media.

Waseso, Dwi. (2017). Memasang Instalasi Tenaga dan Penerangan Listrik Sederhana. Yogyakarta: Relasi Inti Media.

Downloads

Published

2024-09-09