Peningkatan Kedisiplinan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa SMK

Authors

  • Fakhri Yacob FTK UIN Ar-Raniry
  • Siska Febrianti UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Mukhlis Mukhlis UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Munawwarah Munawwarah UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Mutia Fitri UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Peningkatan, Layanan Bimbingan Kelompok, Kedisiplinan

Abstract

Kedisiplianan merupakan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku di lingkungan sekolah, namun banyak siswa belum taat azas terhadap aturan-aturan yang telah ditetapkan otoritas sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam rangka peningkatan kedisiplinan siswa di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Populasi pada penelitian ini adalah 39 orang siswa dan 8 siswa sesuai kriteria ditetapkan sebagai sampel dengan teknik purposive sampling yang akan dikenakan treatment berupa layanan bimbingan kelompok. Dampak dari treatment melaporkan bahwa terdapat perbedaan antara skor nilai pre- test dan post-test. Perbedaan dimaksud dapat dilihat melalui adanya peningkatan skor nilai sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok. Hasil uji hipotesis  melaporkan bahwa ttabel < thitung = 1,895 < 10.067. Dari hasil tersebut menerangkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil keputusan tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kedisiplinan siswa di  SMK Negeri 3 Banda Aceh.

References

Ahmad, S. (2018). Bimbingan Konseling Sebagai Upaya Dan Bagian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman. Vol.1. No.1.

Darmiah. (2021). Hakikat Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama. Vol.1. No.1, Hal. 166.

Fatimah, A. N., Sujayati, W., & Yuliani, W. (2015) Efektifitas Teknik Self- Manajemen Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMA (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), H, 24-29.

Muhibbinsyah. (2016). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Cet. XVI. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2011). Bimbingan Dan Konseling Disekolah Dan Madrasah Dalam Perspektif Islam. Padang: Hayfa Press.

Safri, M. (2016). Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Sosialisasi Peserta Didik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sandu S., Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi media publishing

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfaberta.

Syafaruddin. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Hijri Pustaka Utama

Downloads

Published

2024-09-23