Strategi Adaptif dalam Pengembangan Usaha: Studi Kasus UMKM Carica Gemilang di Wonosobo

Adaptive Strategies in Business Development: A Case Study of Carica Gemilang MSME in Wonosobo

Authors

  • Omy Marissa Verdiani Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Dwi Astutik Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Yosafat Hermawan Trinugraha Universitas Sebelas Maret, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22373/jsai.v5i2.5355

Keywords:

UMKM, strategi pengembangan, teori adaptasi, Carica Gemilang

Abstract

This study aims to analyze the development strategies of Carica Gemilang, a Micro, Small, and Medium Enterprise (MSME), from a sociological perspective using John W. Bennett's adaptation theory. This study employs a qualitative method with a case study approach. Data were collected through in-depth interviews, observations, and secondary sources such as relevant journal articles. The findings reveal that Carica Gemilang implements various development strategies, including maintaining product quality, listening to customer feedback, conducting promotions and building brand image, organizing surveys and annual meetings, expanding and strengthening business networks, and holding internal briefings. These strategies are categorized into three adaptation concepts according to Bennett: Adaptive Behavior, Adaptive Strategies, and Adaptive Processes. The adopted strategies enable Carica Gemilang to adapt to changing market conditions and contribute to the improvement of the community's economic conditions. Despite challenges such as the difficult supply of carica fruit and fluctuating social media algorithms, Carica Gemilang remains effective in its operations. This study underscores the importance of adaptive strategies in MSME development.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Carica Gemilang dalam mengembangkan usahanya dari perspektif sosiologi menggunakan teori adaptasi John W. Bennett. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi, serta sumber sekunder seperti artikel jurnal yang relevan. Penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM Carica Gemilang menerapkan berbagai strategi pengembangan, termasuk menjaga kualitas produk, mendengarkan masukan konsumen, melakukan promosi dan membangun citra produk, mengadakan survei dan rapat tahunan, memperluas dan memperkuat jaringan usaha, serta mengadakan briefing internal. Strategi-strategi ini dikategorikan ke dalam tiga konsep adaptasi menurut Bennett: Adaptive Behavior, Adaptive Strategies, dan Adaptive Processes. Strategi yang diterapkan oleh UMKM Carica Gemilang memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan kondisi pasar yang terus berubah dan berkontribusi pada peningkatan kondisi perekonomian masyarakat. Meskipun terdapat tantangan seperti pasokan buah carica yang sulit dan algoritma media sosial yang berubah-ubah, UMKM Carica Gemilang tetap mampu beroperasi secara efektif. Penelitian ini menunjukkan pentingnya penerapan strategi adaptif dalam pengembangan UMKM.

References

Afridhal, Muhammad. 2017. “Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong Di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen.” Jurnal Sains Pertanian 1(3):223–33.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2023. “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) VI Daring.”

Badan Pusat Statistik (BPS). 2022. “Jumlah Unit Usaha Menurut Skala Usaha (Mikro, Kecil, Menengah, Dan Usaha Besar) Dan Sektor Ekonomi Di Kabupaten Wonosobo, 2021.” Badan Pusat Statistik (BPS).

Badan Pusat Statistik (BPS). 2023. “Kemiskinan 2021-2023.” Badan Pusat Statistik (BPS).

Bennett, John W. 1976. The Ecological Transition: Cultural Anthropology & Human Adaptation. Pergamon Press.

Dewi, Triyani, Cicik Oktasari Handayani, Anik Hidayah, and Sukarjo. 2023. “Sebaran Konsentrasi Logam Berat Di Lahan Pertanian Kabupaten Wonosobo.” Jurnal Tanah Dan Sumberdaya Lahan 10(2):515–21. doi: 10.21776/ub.jtsl.2023.010.2.35.

Faulana, Iva, Indri Murniawaty, and Rusdarti. 2021. “Model Pengentasan Kemiskinan Melalui Kebijakan PKH Di Jawa Tengah.” Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi 5(1):1–13. doi: https://doi.org/10.23969/oikos.v5i1.2956.

Fitrah, Muh., and Luthfiyah. 2018. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukambumi: CV Jejak.

Hamidah, Qotrunnada Ratri, Agung Tri Pambudi Sejati, and Ana Zulfatu Mukahidah. 2019. “The Development of Small and Medium Businesses (MSMEs) Based on Tecnology to Deal with The Industrial Revolution 4.0.” Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series 2(1):345–49.

Indriani, Lismuba, and Mohammad Abdul Mukhyi. 2013. “Sektor Unggulan Perekonomian Indonesia: Pendekatan Input-Output.” Pp. E341–49 in Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil). Jakarta: Universitas Gunadarma.

Mahendra, Abdul Hafiz Ihza, and Asmawi. 2022. “Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecil Gantra Betta Fish Tulungagung Dalam Perspektif Swot Dan Bmc.” Juremi: Jurnal Riset Ekonomi 1(4):322–32. doi: 10.53625/juremi.v1i4.749.

Masitoh, Imah. 2023. “Komoditas Hortikultura Jadi Unggulan Wonosobo, Petani Didorong Kembangkan Tanaman Buah.” TribunBanyumas.Com.

Oktaviani, Femi, Reza Rizkina Rizkina T, and Selli Dewi Dewi Septiani. 2020. “Aktivitas Komunikasi Public Relations Dalam Menjaga Reputasi Perusahaan.” Jurnal Signal 8(1):15. doi: 10.33603/signal.v8i1.2819.

Putri, Aulia Mutiara Hatia. 2023. “Jumlah UMKM Capai 8,71 Juta, Bisa Jadi ‘Tameng’ Resesi?” CNBC Indonesia.

Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang UMKM.

Romandhon, Heru Triyoga, and M. Elfan Kaukab. 2021. “Faktor Determinan Laba Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.” Jurnal STIE Semarang 13(2). doi: 10.33747.

Sagita, Rizka Alip, and Siswahyudianto Siswahyudianto. 2022. “Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Brand Awareness Pada Sentra Olahan Salak Kunara Desa Kedungrejo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang.” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia 5(3):327–40. doi: 10.31842/jurnalinobis.v5i3.233.

Soenaryo, Terry Franka, Muhammad Iqbal, Putra Bakti, and Ario Gleetus. 2024. “Jaringan Sosial Dalam Membangun Usaha Pengolahan Hasil Tani.” 4(2):295–309.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sularsih, Hermi, Luh Dina Ekasari, and Sri Indah. 2023. “Pelatihan Pengembangan Branding Dan Pemasaran Produk Bubur Pedas Melalui Media Sosial Dan Strategi Digital Marketing.” Studium: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1):15–22. doi: 10.53867/jpm.v3i1.86.

Suryati, Indah. 2021. “Pengaruh Ukuran Usaha Dan Sumber Modal Terhadap Penerapan Standar Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Jasa Atau Pelayanan Laundry Di Kecamatan Makasar Tahun 2019.” Jurnal Mahasiswa Akuntansi UNSURYA 1(1):18–30.

Trihudiyatmanto, M. 2021. “Strategi Pengembangan UMKM (Studi Empiris Pada UMKM Industri Pengolahan Makanan Di Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo).” Journal MISSY (Management and Business Strategy) 2(1):1–10. doi: 10.24929/missy.v2i1.1339.

Wulansari, Nofita, Wahyu, and Yunus Kurniawan. 2017. “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Melalui Sinergi UMKM Dan Good Governance Di Indonesia.” Pp. 262–68 in Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis. Jember: Universitas Jember.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Verdiani, O. M., Astutik, D. ., & Trinugraha, Y. H. . (2024). Strategi Adaptif dalam Pengembangan Usaha: Studi Kasus UMKM Carica Gemilang di Wonosobo: Adaptive Strategies in Business Development: A Case Study of Carica Gemilang MSME in Wonosobo. urnal osiologi gama ndonesia (JSAI), 5(2), 266–280. https://doi.org/10.22373/jsai.v5i2.5355

Issue

Section

Research Articles