PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT
Keywords:
Application, Learning Models, Thinking Aloud Pair Problem Solving, Mathematical Critical Thinking Skills.Abstract
Hasil belajar matematika siswa yang masih rendah merupakan salah satu akibat dari kurangnya minat siswa dalam mempelajari matematika. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang efektif. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan hasil belajar siswa yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik pengambilan secara acak atau random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bambel. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Bambel dan hasil belajar matematika siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.