KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH
Keywords:
literasi matematika, kooperatif tipe jigsawAbstract
Literasi matematika adalah kemampuan menalar dengan merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Namun, kemampuan ini pada peserta didik masih tergolong rendah. Untuk itu, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat, seperti model kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan membandingkan kemampuan literasi matematika siswa yang diajar dengan model Jigsaw dan model konvensional di kelas XI SMA. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh, dan sampel diambil secara acak, yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes literasi matematika dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil menunjukkan (6,11 > 1,67), sehingga disimpulkan bahwa model Jigsaw lebih efektif dalam meningkatkan literasi matematika dibandingkan pembelajaran konvensional