PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Authors

  • Aprilia Putri A. Lubis Pendidikan Matematika, FTK, UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • M. Duskri Pendidikan Matematika, FTK, UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Susanti Pendidikan Matematika, FTK, UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Video Pembelajaran, Model Pembelajaran Inquiry, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video praktik pembelajaran berbasis model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (four-D) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis uji validitas dan data uji kepraktisan. Berdasarkan hasil analisis angket, diperoleh data sebagai berikut (1) dari satu orang ahli perangkat dan dua orang ahli media, diperoleh skor rata-rata dengan persentase 82,69% (2) dari tiga orang praktisi diperoleh skor rata-rata dengan persentase 85,87%. Dengan demikian, video praktik pembelajaran berbasis model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP telah memenuhi kriteria valid dan praktis.

Published

2025-08-07