MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATAN BAKAT DAN MINAT ANAK

Authors

  • Isnawardatul Bararah isna UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/fitrah.v5i2.3727

Abstract

Manajemen ekstrakurikuler merupakan seluruh proses yang diusahakan dan direncanakan secara terorganisir mengenai kegiatan sekolah yang dilakukan di luar jam pelajaran untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia peserta didik, baik aplikasi ilmu pengetahuan yang didapatkannya maupun dalam pengertian khusus untuk membimbing peserta didik dalam mengembangkan potensi dan bakat yang ada dalam dirinya melalui kegiatan wajib maupun pilihan yang beragam. Banyak sekolah yang meningkatkan program ekstrakurikuler agar peserta didiknya dapat bersaing dengan peserta didik di sekolah lainnya. Sekolah mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler dimaksudkan agar peserta didik dapat berkembang pada aspek bidang yang diminati, seperti olahraga, kesenian, berbagai macam keterampilan dan kepramukaan. Kegiatan tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan bakat peserta didik yang sudah ada, bahkan dapat menumbuhkan bakat yang masih terpendam. Karena bakat itu tidak semua disadari oleh pemilik bakat itu sendiri, sudah sewajarnya bakat tersebut perlu untuk digali. Setiap peserta didik mempunyai minat dan bakat yang berbeda satu sama lainnya.

References

A, Mulyono M., Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidkan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Ardana, I Komang, dkk., Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
Badrudin, Manajemen Peserta Didik, Jakarta: Indeks, 2014.
Departemen Agama, Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam, Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2005.
Hamalik, Oemar, Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum, Bandung: Mandar Maju, 2012.
Harjaningrum, Agnes Tri dan Inayati, Dyah Ayu, Peranan Orang Tua dan Praktisi dalam Membantu Tumbuh Kembang Anak Berbakat Melalui Pemahaman Teori dan Tren Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2007.
Machali, Imam, Hidayat Ara, The Hand Book of Education Management, Jakarta: Kencana, 2016.
Manullang, M., Dasar-Dasar Manajemen, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2009.
Muhaimin, dkk., Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008.
Munandar, S.C. Utami, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013
Permendikbud No. 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah, psl. 1-2
Prihatin, Eka, Manajemen Peserta Didik, Bandung: Alfabeta, 2011.
Pusat Bahasa Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Shaleh, Abdul Rahman, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2009.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
Suryosubroto, B., Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009), hal. 286.
Suryosubroto, Tata Laksana Kurikulum, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 3), Tidak Diterbitkan, hal. 4
Utami, Munandar, Anak-anak Berbakat Pembinaan dan Pendidikannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Witherington, C, Psikologi Pendidikan, Terj. M. Bukhari, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Yusuf, S., Pendidikan Anak Berbakat: Ilmu dan Aplikasi, Bandung: Imperial Bhakti Utama, 2009.

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

isna, I. B. (2023). MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATAN BAKAT DAN MINAT ANAK. ITRAH: nternational slamic ducation ournal, 5(2), 18–38. https://doi.org/10.22373/fitrah.v5i2.3727