Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Damai dalam Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Kabupaten Pidie

Authors

  • Ainul Mardhiah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh
  • Sri Mutia Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh

Keywords:

Integrasi, Pendidikan Damai, Akidah Akhlak, Madrasah Aliyah

Abstract

This study aims to analyze and explore the integration of peace education values in the teaching of Akidah Akhlak at Madrasah Aliyah (MA) in Pidie Regency. Peace education is expected to shape students’ character, not only making them religiously devout but also tolerant and sensitive to diversity. This research employs a qualitative approach with data collection methods including observation, interviews, and documentation. The collected data were analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion drawing techniques. The findings of the study indicate that peace education values, such as tolerance, mutual respect, harmony, and ethics in sosial interaction, have been integrated into the planning of Akidah Akhlak lessons at MA Pidie, through both the syllabus and Lesson Plans (RPP). In the teaching process, teachers impart these values through methods involving group discussions and interactive activities. The assessment of students’ attitudes is carried out using rubrics that encompass aspects of honesty, responsibility, discipline, and cooperation, which reflect peace education values. This study concludes that the integration of peace education values in Akidah Akhlak lessons can contribute to shaping students’ better character and creating a harmonious learning environment. This research contributes to the development of a more responsive religious education curriculum and serves as a reference for educators and policymakers in designing teaching strategies based on peace values.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi integrasi nilai-nilai pendidikan damai dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah  Pidie. Pendidikan damai diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang tidak hanya taat beragama, tetapi juga toleran dan peka terhadap keberagaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan damai, seperti toleransi, saling menghargai, kerukunan, dan etika bergaul, telah terintegrasi dalam perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak di MA Pidie, baik melalui silabus maupun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru mengajarkan nilai-nilai tersebut melalui metode yang melibatkan diskusi kelompok dan aktivitas interaktif. Penilaian sikap siswa dilakukan menggunakan rubrik yang mencakup aspek kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama, yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan damai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai pendidikan damai dalam pembelajaran Akidah Akhlak dapat membantu membentuk karakter siswa yang lebih baik dan menciptakan suasana pembelajaran yang harmonis. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama yang lebih responsif terhadap tantangan zaman, serta sebagai referensi bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran berbasis nilai-nilai damai.

References

Alhairi, Alhairi, Lasmiadi Lasmiadi, A. Mualif, Afdal Afdal, and Wismanto Wismanto. ‘Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru’. Journal of Education Research 4, no. 4 (15 October 2023): 1625–33. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.488.

Bisri, Hasan, and Muhammad Ichsan. ‘Penilaian Otentik Dengan Teknik Nontes Di Sekolah Dasar’. Jurnal Sosial Humaniora 6, no. 2 (22 October 2015): 81–93. https://doi.org/10.30997/jsh.v6i2.503.

Fakhrizal, Fakhrizal, Dahri Dahri, Salami Salami, and Zulfatmi Zulfatmi. ‘BENTUK BULLYING YANG DIALAMI SANTRI DAN UPAYA PENCEGAHAN: (Studi Kasus MTs Jeumala Amal Pidie Jaya)’. Desultanah - Journal Education and Social Science 1, no. 1 (2023): 29–39.

Halik, Halik, and Muhammad Sabiq. ‘Pemetaan dan Analisis Nilai Pendidikan Damai dalam Materi Ilmu Pengetahuan Sosial’. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi) 18, no. 1 (30 June 2024): 79–94. https://doi.org/10.24815/jsu.v18i1.39500.

Istianah, Anif, Bunyamin Maftuh, and Elly Malihah. ‘Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar’. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 11, no. 3 (15 September 2023): 333–42. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.5048.

Kusnadi, Kusnadi, and Nisa Arafiyah Tri Wulandari. ‘Pendidikan Damai: Memperkuat Pemahaman Hak Asasi Manusia Dan Keadilan Sosial’. Jurnal Basicedu 8, no. 1 (6 February 2024): 539–51. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7126.

Lailatussaadah, Lailatussaadah, Salma Hayati, and Henni Yulia. ‘Tahap Kesiapan Guru SMA dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Kabupaten Bireuen’. Intelektualita 7, no. 02 (19 June 2021). https://doi.org/10.22373/ji.v7i02.9931.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications, 2013.

Said, Nur. ‘Integrasi Nilai Harmoni dalam Pendidikan Islam Melalui Keluarga dan Sekolah’. PALASTREN: Jurnal Studi Gender 8, no. 1 (10 March 2016): 57–78. https://doi.org/10.21043/palastren.v8i1.934.

Sugiyono; Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Alfabeta, 2013. //elibrary.stikesghsby.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D1879%26keywords%3D.

Wulandari, Taat -. ‘Menciptakan Perdamaian Melalui Pendidikan Perdamaian di Sekolah’. MOZAIK: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora 5, no. 1 (13 May 2015). https://doi.org/10.21831/moz.v5i1.4340.

Zurgobban, Zuhri. ‘Pendidikan Damai Sebagai Pembinaan Keadabaan Kewarganegaraan Di Bidang Sosial’. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 3, no. 1 (18 March 2016): 38–46. https://doi.org/10.69896/modeling.v3i1.72.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Mardhiah, A., & Mutia, S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Damai dalam Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Kabupaten Pidie. FITRAH: International Islamic Education Journal, 6(2), 178–189. Retrieved from https://journal.ar-raniry.ac.id/fitrah/article/view/6606