Lektur Klasik Kependidikan Islam Genre Psikologi

Classic Lecture On Islamic Education Psychology Genre

Authors

  • Andika Cibro Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Abd. Mukti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Junaidi Arsyad Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22373/fitrah.v6i1.4081

Keywords:

Lektur Klasik, Pendidikan Islam, Psikologi

Abstract

This study aims to explore classical Islamic educational literature within the field of psychology, to be used as a comparative framework or to identify its relevance in the modern era. The research employs a qualitative descriptive approach through library research methods. The findings indicate that psychology has a significant impact on the process of education and learning. Ibn Miskawayh, At-Tabari, and Fakhruddin Ar-Razi are notable classical Islamic figures whose works continue to be studied and developed to this day. Their contributions to psychology hold potential for application in various societal contexts and conditions. The psychological insights of Ibn Miskawayh, At-Tabari, and Fakhruddin Ar-Razi remain relevant and applicable to contemporary Islamic education.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membahas lektur klasik kependidikan islam pada genre psikologi untuk dapat dijadikan perbandingan atau bahkan ditemukan relevansi pada era modern. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (libraryresearch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil kajian menjelaskan Psikologi memiliki pengaruh besar dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Ibn Miskawayh, At-Tabari dan Fakhruddin Ar-Razi merupakan tokoh islam klasik yang populer dikaji dan dikembangkkan hingga saat ini, ketiganya memiliki karya-karya pada aspek psikologi yang berpotensi dalam sejumlah upaya aktivitas yang dilalui masyarakat di berbagai situasi dan kondisi. Pada kependidikan islam pemikiran Ibn Miskawayh, At-Tabari dan Fakhruddin Ar-Razi tentang psikologi masih relevan untuk diterapkan dimasa sekarang.

References

Abdurahman Badawi, 1963 Miskawaih, dalam M.M. Sharif, ed. A History of Muslim

Philosophy, Vol. I Wiesbaden, Otto Harrossowiz, 1963

Abuddun Natta, 2003 Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat

Pendidikan Islam, Jakarta, Raja Grafindo Persada

Bawani, Imam, 1991 Cendikiawan Muslim dalam Perspektif pendidikan Islam, Surabaya:

Bina Ilmu Offset Bimo Walgito, 2000 Psikologi Sosial (Suatu Pengantar), Yogyakarta: Andi Offset

Hasan Langgulung, 1986 Manusia Dan Pendidikan; Suatu Analisa Psikologi, Falsafah

Dan Pendidikan Jakarta: Pustaka al Husna.

Kasijan, 1984 Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu

Maskawih, 1994 Menuju Kesempuraan Akhlak, Terj. Helmi Hidayah Bandung: Mizan

Muhammad Yusuf Musa, 163 Falsafah al- Akhlaq fi al-Islam Kairo, Muassasat al-Khaniji

Seyyed Hossein Nasr, 1986 Sains dan Perbedaan di Dalam Islam, Trj. Science and

Civilization in Islam, Bandung, Pustaka

Syaikh Manna‟ 2006 Khalil Al-Qathan, Fi Ulūmul Qur’an, Terj. Aunur Rafiq El-Mazni,

Pengantar Studi Ilmu al-Qur’an, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta

Zakiah Daradjat, 2006 Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara

Zar, S. 2007 Filsafat Islam Filosof & Filsafatnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Cibro, A., Mukti, A., & Arsyad, J. (2024). Lektur Klasik Kependidikan Islam Genre Psikologi: Classic Lecture On Islamic Education Psychology Genre. ITRAH: nternational slamic ducation ournal, 6(1), 19–40. https://doi.org/10.22373/fitrah.v6i1.4081