Lektur Klasik Kependidikan Islam Genre Psikologi
Classic Lecture On Islamic Education Psychology Genre
DOI:
https://doi.org/10.22373/fitrah.v6i1.4081Keywords:
Lektur Klasik, Pendidikan Islam, PsikologiAbstract
This study aims to explore classical Islamic educational literature within the field of psychology, to be used as a comparative framework or to identify its relevance in the modern era. The research employs a qualitative descriptive approach through library research methods. The findings indicate that psychology has a significant impact on the process of education and learning. Ibn Miskawayh, At-Tabari, and Fakhruddin Ar-Razi are notable classical Islamic figures whose works continue to be studied and developed to this day. Their contributions to psychology hold potential for application in various societal contexts and conditions. The psychological insights of Ibn Miskawayh, At-Tabari, and Fakhruddin Ar-Razi remain relevant and applicable to contemporary Islamic education.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membahas lektur klasik kependidikan islam pada genre psikologi untuk dapat dijadikan perbandingan atau bahkan ditemukan relevansi pada era modern. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (libraryresearch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil kajian menjelaskan Psikologi memiliki pengaruh besar dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Ibn Miskawayh, At-Tabari dan Fakhruddin Ar-Razi merupakan tokoh islam klasik yang populer dikaji dan dikembangkkan hingga saat ini, ketiganya memiliki karya-karya pada aspek psikologi yang berpotensi dalam sejumlah upaya aktivitas yang dilalui masyarakat di berbagai situasi dan kondisi. Pada kependidikan islam pemikiran Ibn Miskawayh, At-Tabari dan Fakhruddin Ar-Razi tentang psikologi masih relevan untuk diterapkan dimasa sekarang.
References
Abdurahman Badawi, 1963 Miskawaih, dalam M.M. Sharif, ed. A History of Muslim
Philosophy, Vol. I Wiesbaden, Otto Harrossowiz, 1963
Abuddun Natta, 2003 Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat
Pendidikan Islam, Jakarta, Raja Grafindo Persada
Bawani, Imam, 1991 Cendikiawan Muslim dalam Perspektif pendidikan Islam, Surabaya:
Bina Ilmu Offset Bimo Walgito, 2000 Psikologi Sosial (Suatu Pengantar), Yogyakarta: Andi Offset
Hasan Langgulung, 1986 Manusia Dan Pendidikan; Suatu Analisa Psikologi, Falsafah
Dan Pendidikan Jakarta: Pustaka al Husna.
Kasijan, 1984 Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu
Maskawih, 1994 Menuju Kesempuraan Akhlak, Terj. Helmi Hidayah Bandung: Mizan
Muhammad Yusuf Musa, 163 Falsafah al- Akhlaq fi al-Islam Kairo, Muassasat al-Khaniji
Seyyed Hossein Nasr, 1986 Sains dan Perbedaan di Dalam Islam, Trj. Science and
Civilization in Islam, Bandung, Pustaka
Syaikh Manna‟ 2006 Khalil Al-Qathan, Fi Ulūmul Qur’an, Terj. Aunur Rafiq El-Mazni,
Pengantar Studi Ilmu al-Qur’an, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta
Zakiah Daradjat, 2006 Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Bumi Aksara
Zar, S. 2007 Filsafat Islam Filosof & Filsafatnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andika Cibro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.