Kelayakan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Video Materi Sistem Pencernaan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.22373/edj.v3i1.7507Keywords:
Pengembangan, Audio Visual, Video, Sistem Pencernaan Makanan.Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu alat atau perantara yang dapat membantu proses belajar dalam menyampaikan informasi dengan tujuan merangsang peserta didik melalui indera yang dimilikinya, proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Aceh Besar berlangsung menggunakan metode ceramah dan menggunakan media buku ajar, sehigga siswa tidak memperhatikan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis hasil uji kelayakan media siswa terhadap media pembelajaran audio visual berbasis video. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE tahapan model ADDIE terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, dan evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli media dan 2 ahli materi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Teknik analisisi data menggunakan uji kelayakan. Hasil penelitian dari kelayakan media diperoleh 84% dengan kriteria sangat layak, kelayakan materi sebesar 78% dengan kriteria layak. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis video pada materi sistem pencernaan layak digunakan sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran.
References
AR, H.S. (2022) ‘Mengembangkan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 20(1), pp. 25–42. Available at: https://doi.org/10.37216/tadib.v20i1.538.
Amrulloh, Rizqi. 2013. “Kelayakan Teoritis Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Materi Mutasi Untuk SMA”. Jurnal UNESA. Vol. 2. No. 2.
Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Edisi Revisi, (Jakarta : Rineka Cipta, 2010)
Hasan, M., dkk. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Tengah: Tahta Media Grup.
Jamaluddin, Ahdar., dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Anggota IKAPI.
Rahmasari, D. (2003) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia’, : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.
Ritonga, Adelia Priscila. Andini, N, P., & Iklmah, L. 2022. “Pengembangan Bahan Ajaran Media”.Jurnal Multidisiplin Dehasen. Vol. 1 No. 3.
Rosana, Dadan. 2008. “Peranan Research And Development (R&D) Dan Structural Equation Model (Sem) Dalam Penelitian Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol 19. No. 2
Runtulalu, Daniel., dkk. 2015. Dkk. Media interaktif Pembelajaran Sistem Pencernaan. Surabaya: Universitas Kristen Petra.
Sa’diyah, Halimatus. 2020. “Model Research And Development Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. Vol. 10. No. 1.