SEMANGAT PATRIOTISME PADA PUISI AL HARB TA’MAL BIL JID KARYA DUNYA MIKHAIL DAN DOA SERDADU SEBELUM BERPERANG KARYA WS RENDRA (ANALISIS SASTRA BANDING)

Authors

  • Azwar Nasri

DOI:

https://doi.org/10.22373/nahdah.v3i2.3022

Keywords:

patriotism, comparative literatute, poetry

Abstract

penulisan artkel ini bertujuan untuk mengetahui semangat patriotisme yang digambarkan didalam puisi alharbu takmal bil jid karya dunya Mikhail dan doa serdadu sebelum bereperang karya ws rendra. penulis menghadirkan dua puisi yang berbeda Negara dan bahasa, dengan  menggunakan  teori sastra bandingan. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun metode dalam pengumpulan data  menggunakan metote dengan membaca dan mencatat. Dengan membaca penulis menemukan data-data yang mendukung penelitian.  Adapun dalam menggunakan metode catat akan membantu dalam merapikan data.  Hasil dari penelitian sastra bandingan ini terdapat Unsur kesamaan dan perbedaan pada dua puisi ini. persamaanya tema dan narasi untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara. Adapun poin yang berbeda pada tifografi puisi.

 

References

Endraswara, Suwardi. Metodologi Penelitian Sastra Bandingan, Jakarta: Bukupop, 2011.
Yasa, Inyoman. Teori Sastra dan Penerapannya, Bandung: Karya Putra Darwati, 2012.
https://basabasi.co/puisi-puisi-dunya-mikhail-perang-bekerja-begitu-keras.
Ni’mah, Evayatun, Pandagan Nasionalisme dalam puisi Muahmud Darwisy Dan Rendra dalam Analisis Sastra Banding, Humaniora, vol 2, no 1, 2017.
J. Waluyo, Herman, Teori dan Apresiaisi Puisi, Jakarta: Penerbit Eirlangga, 1991.
Nada Shofa Alkhajar, Eka, Menguak Relasi Patriotism, Revolusi dan Negara Dalam Film Indonesia, hunmaniora, vol.16, no.1, 2011.
A. Teeuw, Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra, Bandung: Pt Dunia Pustaka Jaya, 2017.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Nasri, A. (2023). SEMANGAT PATRIOTISME PADA PUISI AL HARB TA’MAL BIL JID KARYA DUNYA MIKHAIL DAN DOA SERDADU SEBELUM BERPERANG KARYA WS RENDRA (ANALISIS SASTRA BANDING). n-ahdah l-’Arabiyah, 3(2), 199–209. https://doi.org/10.22373/nahdah.v3i2.3022

Issue

Section

Articles