Peran Administrasi dalam Membina Hubungan di Lingkungan Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.22373/jai.v10i1.5452Keywords:
Peran Administrasi, Pendidikan Islam, Hubungan LingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami lebih dalam tentang peran administrasi dalam membina hubungan di lingkungan pendidikan Islam. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kepustakaan. Dalam penelitian ini digunakan jurnal, tesis atau penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa administrasi memegang peranan penting dalam peningkatan taraf pendidikan karena merupakan bagian penting dari manajemen yang meliputi pengumpulan informasi, pengorganisasian dan pengelolaan lembaga pendidikan. Administrasi pendidikan memegang peranan penting dalam mencapai visi dan tujuan khususnya di lingkungan pendidikan Islam seperti sekolah madrasah dan lain-lain. Fungsi administrasi dalam lingkungan pendidikan yang baik harus mampu menyediakan sistem pendidikan yang mampu mencetak peserta didik yang mampu menciptakan karakter Islami. Sekolah harus mempertimbangkan faktor-faktor tertentu ketika mengelola pekerjaan guru yang harus memberikan pendidikan yang bermutu kepada peserta didiknya. Faktor-faktor tersebut meliputi persiapan sekolah yang sebenarnya serta kualifikasi dan pengalaman pelamar yang memenuhi standar yang dipersyaratkan.
References
Aulia, S., Nurjannah, S., & Suryandari, M. (2023). Strategi Pengelolaan Administrasi Pendidikan Islam. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 59-69.
Aliza, A., Samoeri, A. D. Y., Putri, M., Assahira, N., Putri, R. J., & Sakban, S. (2024). Peran Administrasi Kesiswaan Dalam Pengenalan Lingkungan Sekolah di SD IT Future Islamic School. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 139-146.
Astuti, M., Saputri, R., & Noviani, D. (2023). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup administrasi dan supervisi pendidikan. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 1(1), 167-176.
Affandi, M. A., Amrullah, A. M. K., & Esha, M. I. A. (2022). Administrasi pendidikan Islam dan seni mengelolanya. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 1-19.
Helmiannoor, H. (2018). Urgensi Menciptakan Lingkungan Pendidikan Islam dalam Perspektif Ekologi, Psikologi, dan Sosiologi. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 9(2), 194-205.
Dahlan, M., & Qodriyah, L. (2018). Lingkungan Pendidikan Islami dan Hubungannya dengan Minat Belajar Pai siswa SMA Negeri 10 Bogor. Junal Edukasi Islami, 5(2), 195-210.
Indahsari, R. A., Hasanah, N., & Indahsari, N. (2019). Pengelolaan Administrasi Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 1(2), 119-134.
Rahman, U. W. B. A. Lingkungan Pendidikan Islam dalam Perspektif Al Qur’an. Jurnal Al-Ashriyyah, 6 (1), 1-22.
Robbaniyah, Q., Barnas, B., & Afifa, M. (2023). Problematika Administrasi Pendidikan pada Sekolah pingiran di Yogyakarta. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (2), 923-933.
Rif’ah, M., Ramadhan, M. R. N., Wahyudin, M. R., Fahmi, M. F., Binfas, M. A. M., & Audia, C. (2023). Administrasi Hubungan Kerjasama Sekolah dan Masyarakat. Journal on Education, 6(1), 7639-7647.
Rahmawati, D., Tumiran, T., Fadillah, H. H., Rahima, D., Anggraini, F., & Erwin, E. (2024). Peran Administrasi Pendidikan dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Pai di MA Hifzhil Qur’an Islamic Centre Sumut. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1721-1729.
Hasbullah, H. (2018). Lingkungan pendidikan dalam al-qur’an dan hadis. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 13-26.
Hasibuan, A. T., Elza, N., Aisyah, D., & Humairo, H. N. (2023). Loyalitas Tenaga Administrasi Pendidikan Dalam Menciptakan Layanan Pendidikan Di MI. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 39-47.
Jamil, F. R., & Ramli, A. (2023). Konsep Dasar Administrasi Pendidikan, Fungsi Dan Ruang Lingkupnya. 5 (1), 53-62.
Mulyanti, D. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Konsep Islam. Nizham: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 253-270.
Mayamin, M. (2022). Peranan Administrasi Kepegawaian Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Kecamatan Plaju Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Administrasi Dan Sosial, 17(1), 26-40.
Maulida, D. A. (2019). Pemerintahan Desa Sebagai Fasilitator Peningkatan Usaha Industri Handycraft Di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara Jurusan Ilmu Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember
Muawiyah, dkk (2021). Administrasi Pendidikan Islam di SMP IT Al-Muthi’in. 6(1), 95-101.
Napitupulu, M. B., Sibagariang, S., Sihombing, Z. A. N., & Turnip, H. (2022). Pentingnya Administrasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4), 214-222.
Saeful, A., Lafendry, F., & Binamadani, S. T. A. I. (2021). Lingkungan Pendidikan Dalam Islam. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(1), 50-67.
Subekti, I. (2022). Pengorganisasian dalam pendidikan. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 3(1), 19-29.
Saniah, N. (2020). Hubungan Antar Manusia Dalam Administrasi Dan Bentuk-bentuk Kemitraan Strategis Pendidikan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Education Achievement: Journal of Science and Research, 1(1), 1-12.
Sudiana, A. (2018). Urgensi Perencanaan Dalam Administrasi Pendidikan Islam. Al-Mujaddid, 1(1), 1-18.
Suhada, S. (2017). Lingkungan Pendidikan Dalam Perspektif Al-Quran. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 13(1), 1-20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al-Ijtima`i: International Journal of Government and Social Science

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal (See The Effect of Open Access);
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work;
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.