Author Guidelines

Naskah-naskah yang dikirimkan ke redaksi Jurnal Al-Ijtima’i akan dipertimbangkan pemuatannya apabila memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:

  1. Bersifat ilmiah, berupa kajian atas masalah-masalah sosial dan politik, gagasan-gagasan orisinil, ringkasan hasil penelitian/survey, dan atau ulasan buku yang dipandang dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dan ilmu pengetahuan.
  2. Naskah yang dikirimkan merupakan naskah yang belum pernah dipublikasikan dalam penerbitan apapun atau tidak sedang diminta maupun dipertimbangkan penerbitannya oleh media lain.
  3. Naskah ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang memenuhi kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar.
  4. Setiap naskah ditulis secara berurutan terdiri dari judul, kemudian nama penulis, abstrak, kata kunci, isi naskah (pendahuluan, metode, hasil penelitian, pembahasan, penutup dan daftar pustaka) (Ikuti Template);
  5. Judul harus ringkas dan lugas, boleh dengan menyertakan subjudul dengan total maksimal terdiri atas 14 suku kata.
  6. Penulis tidak perlu mencantumkan gelar akademik.
  7. Membuat secara ringkas biografi penulis sebagai catatan kaki pada nama penulis, dengan memuat institusi, alamat, email serta keterangan lainnya yang dianggap perlu.
  8. Abstrak ditulis antara 150 – 200 kata dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Isi abstrak memuat tujuan, metode, dan hasil penelitian (jika naskah berupa hasil penelitian); dan latar belakang masalah, bahasan, dan penutup (jika naskah berupa artikel atau kajian).
  9. Menyertakan kata kunci maksimal lima kata yang mencerminkan isi naskah.
  10. Isi naskah antara 5000-8000 kata, dengan menggunakan font Book Antiqua ukuran 11 dengan spasi 1.2. Template JAI dapat didownload di website.
  11. Naskah ditulis dengan menggunakan in note sebagai sumber acuan dengan mengikuti APA style 6th ed., yaitu sebagai berikut:
  • Sanjaya (2010: 14), mengatakan bahwa “Tes essay mudah dibuat, tetapi lebih sulit dinilai secara akurat...”.
  • Sebagaimana dikemukakan oleh Mehraens & Lehmann (1986: 75), essay tests are relatively (reliably) since they are graded by humans (who may be subjective) reather than by impersonal Machines.
  • Essay tests are relatively (reliably) since they are graded by humans (who may be subjective) reather than by impersonal (Machines Mehraens & Lehmann, 1986: 75).

Contoh kutipan internet:

  • Islam bukanlah agama sekuler yang memisahkan urusan agama dan dunia. Dalam Islam, agama mendasari aktivitas dunia, dan aktivitas dunia dapat menopang pelaksanaan ajaran agama. Islam bukan hanya sekedar mengatur hubungan manusia dengan Tuhan sebagaimana yang terdapat pada agama lain, melainkan juga mengatur hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan dunia (Tabrani. ZA, 2012: http://www.tabraniaceh.com/artikel108).
  1. Kalau ada keterangan dan penjelasan yang berkaitan dengan penjelasan lebih lanjut tentang kutipan isi naskah adalah menggunakan catatan kaki.
  2. Naskah harus menyertakan daftar pustaka, dengan ketentuan:
  3. Semua kutipan dalam naskah harus muncul dalam daftar referensi, dan semua referensi harus dikutip dalam teks.
  4. Daftar pustaka disusun secara alfabetis mengikuti APA style 6th ed, dengan memuat nama penulis, tahun penerbitan, judul buku/ majalah/ jurnal, kota tempat penerbitan dan nama penerbit.
  5. Penulisan daftar pustaka tidak perlu diberi nomor urut, dan nama penulis dibalik atau ditulis nama belakangnya lebih dahulu. Penulisan nama pengarang tanpa mencantumkan gelar akademik atau kesarjanaan.
  6. Setiap awal kata benda dan kata kerja dalam judul buku ditulis dengan huruf kapital. Judul buku harus dicetak miring.

Contoh:

  • Audi, Robert (2000). Religious Commitment and Secular Reason. New York: Cambridge Univesity Press.
  1. Jika referensinya adalah jurnal, maka nama jurnalnya yang dicetak miring. Selain itu, juga mencantumkan volume, edisi dan halaman jurnal.

Contoh:

  • Dumanig, F.R. (2014). Social Capital and Politeness Strategies in Fostering Ethnic Relations in Malaysia and Philippines. Jurnal Ilmiah Peuradeun. 2 (3): 23-38.
  1. Naskah diketik dalam template naskah JAI yang dapat didownload langsung di website.
  2. Naskah dikirimkan/ diserahkan ke redaksi JAI melalui form SUBMIT PAPER yang tersedia pada website J
  3. Naskah yang dimuat akan melewati proses peer review dan proses penyuntingan tanpa mengubah substansi.
  4. Naskah yang masuk ke redaksi dikategorikan:
  • Diterima tanpa revisi
  • Diterima dengan revisi
  • Ditolak
  1. Naskah yang dimuat dan tidak dimuat, akan diberitahukan kepada penulisnya via email.
  2. Naskah yang dimuat akan diberi bukti terbit Jurnal Al-Ijtima’i.
  3. Editorial email: jurnalijtimai@ar-raniry.ac.id

Cp. 0823-3139-4034

Salam,

REDAKSI JAI