Deep Talk sebagai Sarana Komunikasi Guru Akidah Akhlak dengan Siswa di SMA negeri 2 banda Aceh

Authors

  • Uswatun Hasanah UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Tarbiyah Faculty, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Deep Talk, Komunikasi, siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru dalam membangun pendekatan dan komunikasi melalui deep talk dengan siswa, dan hambatan maupun solusi yang dilakukan oleh guru SMA Negeri 2 Banda Aceh. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berfokus pada hambatan dan strategi guru dalam membangun komunikasi antara guru dan siswa SMA Negeri 2 Banda Aceh. Adapun Informan dalam penelitian ini adalah 1) Guru Akidah Akhlak 2) Guru Bimbingan Konseling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik study kepustakaan dan studi lapangan untuk kemudian dianalisis secara sistematis dan logis dengan penggambaran nyata mengenai objek penelitian dan subyek penelitian. Dengan hasil penelitian bahwa guru melakukan berbagai upaya dalam membangun kedekatan dengan siswa, meliputi: 1) meningkatkan keterlibatan siswa, 2) membangun hubungan yang kuat, 3) mendukung perkembangan emosional, dan 4) membangun kesadaran diri. Dalam upaya yang telah dilakukan guru, maka guru juga mengalami hambatan dalam membangun komunikasi dengan siswa, dikarenakan siswa yang masih membangun jarak dengan guru, sehingga guru tidak bisa mengetahui lebih dalam mengenai permasalahan yang dihadapi siswa, sehingga interaksi antara guru dan siswa masih minim

References

Aji, Sapto B. “Guru Harus Sering Deep Talk Dengan Murid”. www.kompasiana.com

Anggun Elvira K. W. K., RR. Nanik Setyowati. (2023). Strategi Guru Dalam Mencegah Perundungan di Sekolah (School Bullying) Pada Peserta Didik di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo.

Azhar, Tengku. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengungkap Masalah Siswa Melalui Kotak Curhat di SMP KH. M Nur Surabaya. Studi Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, Vol.6 (2).

Dwi S, Junaedi dan Najiha A. (2023). Peran Komunikasi Konseling Oleh Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Problematika Peserta Didik di SMK Muhammadiyah Parepare. al-Mauizhah, No.1, 57-70.

Febriati, A.A. (2014). Peranan Komunikasi antar Pribadi Guru dan Siswa dalam Mencegah Kenakalan Siswa di SNA Negeri 1 Kota Bontang. Jurnal Ilmu Komunikasi, No.2 (4).

Fitriyanti, Irma, M.Ferdiansyah dan Arizona. (2019). Peran Guru BK dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Siswa di SMA Jaya Palembang. Juang: Jurnal Wahana Konseling, Vol.2 (2).

Handayani, Arri., dkk. (2021). Psikologi Parenting, Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Haryuni, Siti. (2013). Penerapan Bimbingan Koseling Pendidikan Dalam membentuk Kedisiplinan Layanan Bimbingan Pengembangan Diri. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol.8 (2), 389-416.

Hidayat A.S. (2022). Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan dan Konseling terhadap Siswa MA Babussalam dalam Usaha Mencegah Kenakalan Remaja, Doctoral dissertation, Universitas Bina Darma.

Hotimah, Husnul. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, Vol.7 (2).

Ilmi, Miftahul & Langgeng Fajar. (2023). Deep Talk sebagai Pola Komunikasi Efektif dalam Keluarga. Gunung Djati Conference Series, Vol.19.

Lita Mayasari, Masalah yang Sering Terjadi Pada Pelajar SMP dan SMA, Orang Tua Wajib Tahu, Diakses pada 22 November 2023 https://www.kalderanews.com

Lubis. (2020). Komunikasi Antar Pribadi Guru dan Siswa Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Network Media, Vol.3 (1).

Nur A, Alan dan Aka KurnianSF. (2023). Strategi Komunikasi Guru BK Terhadap Kenakalan Siswa di MAN 1 Sumbawa. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial, No.3, 102-112. DOI: https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i3.941

Nurhidayah, dkk. (2017). Psikologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Pratiwi, Endah R. (2023). Pemanfaatan Deep Talk dalam mempertahankan Hubungan Harmonis Pasangan Suami Istri: Studi Kualitatif di Kota Medan). KomunikA, Vol.00 (00).

Rahmi, S. (2021). Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya dalam Konseling, Syiah Kuala, University Press.

Silmi, Ausani & Eryanti Novita. (2022). Dampak Psikologis Perilaku Phubbing Dalam Beerinteraksi Sosial Pada Mahasiswa. JOUSKA: Journal Ilmiah Psikologi, No.1 (1).

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-02-08