Implementasi Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perangkat Lunak Pengolah Presentasi Di Kelas X Tb Smk Muhammadiyah Banda Aceh
Keywords:
Problem Based Learning, hasil belajar, peningkatan pemahaman, Perangkat Lunak Pengolah PresentasiAbstract
Penelelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Perangkat Lunak Pengolah Presentasi Di Kelas X Tb Smk Muhammadiyah Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan 3 siklus dan subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X TB semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Perangkat Lunak Pengolah Presentasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 43,07 pada siklus II sebesar 63,84 dan meningkat pada siklus III rata-rata kelas menjadi 77,69. Peningkatan pemahaman siswa terhadap materi dapat dilihat dari persentase ketuntasan sebesar 53,84% dan jumlah siswa yang memenuhi KKM sebanyak 7 siswa. Sedangkan untuk siklus III dengan persentase ketuntasan sebesar 76,92% dan jumlah siswa yang memenuhi KKM sebanyak 10 siswa.
References
M. arfan Gusnanto, 2018. “upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran rancang bangun jaringan melalui model pembelajaran problem based learning (pbl) pada kelas xi tkj a di smk negeri 2 klaten.
Q. Donni Juni Priansa, S.Pd., S.E., m.m. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran.
O. W. Dari and Taufina. 2021.“Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar ( Studi Literatur ),” J. Inov. Pendidik. dan Pembelajaran Sekol. Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 98–107, 2021.
E. B. Tarigan, E. J. Simarmata, A. R. Abi, and D. S. Tanjung. 2021“Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 2294–2304.
I. Rizki, M. Marzuki, and S. Sadrina. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keaktifan siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi di SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.22373/crc.v3i1.4241.
G. . Hendika, 2019.“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER,” Fondatia, vol. 1, no. 1, pp. 68–91, 2019, doi: 10.36088/fondatia.v1i1.89.
N. Malahayati, Hadi Kurniawan, Rahmatul Ummiya. 2021. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Elektronika Mikroprosesor Di Kelas X SMK Negeri 5 Telkom, vol. 5, no. 1.
N. Faradilla., S. Saleh, and H. Arhas. 2018 “Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Utilization of Learning Media in Digital Simulation Subjects,” J. Pemikir. Ilm. dan Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 4, no. 2, pp. 79–90.
A. H. Renny Setya Indahini. 2018. Sulton and M. H. Hassan, pengembangan multimedia mobile learning pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas x smk, vol. 1, no. 2.
Prof. Dr. Achmad Sanusi. 2017. Sistem Nilai, no. Nuansa Cendekia.
P. D. K. H. Timotius. 2017. “Pengantar Metodologi Penelitian,” J. Pendidik. Akunt. Indones. Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelit., no. Andi Yogyakarta, p. 71
A. A. Zainal Aqib. 2018. “Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasi,” J. ptk, no. 19, p. Andy Yogyakarta,
M. hasan rasidi Zainal Aqib. 2019. “Metodologi Penelitian Tindakan,” no. 79, p. ANDY Yogyakarta,
B. Gambu and S. Pd. 2020. “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Lembor Tahun Ajaran 2019 / 2020,” pp. 5–6
R. Saragih and D. N. Sitompul. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa,” J. Penelitian,Pendidik. dan Pengajaran JPPP, vol. 2, no. 1, p. 11,
A. Astrilova. 2020.“Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pokok Bahasan …,” J. Ilm. Edunomika, vol. 4, no. 3, pp. 354–362,
E. Nurbiyanto. 2019. “Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Jurusan Tkr Smk Negeri 2 Yogyakarta,” J. Pendidik. Vokasi Otomotif, vol. 2, no. 1, pp. 115–126