The Influences of English Camp towards EFL Students’ Speaking Skills.

Authors

  • Amiruddin Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  • Iffati Chaira Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Keywords:

English Camp, Keterampilan Berbicara, Siswa EFL

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh English Camp (Kegiatan Perkemahan dengan menggunakan bahasa Inggris) terhadap keterampilan berbicara siswa EFL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 7 mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di UIN Ar- Raniry angkatan 2016. Data penelitian dikumpulkan dengan wawancara. Dalam pengumpulan data, narasumber dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Tujuh peserta terpilih telah bergabung di English Camp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa English Camp mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Peningkatan tersebut meliputi; menguasai banyak kosa kata, meningkatkan pelafalan dan kelancaran berbicara, meningkatkan kemampuan tata bahasa dan pemahaman, serta membangun rasa percaya diri. Komponen-komponen tersebut saling terkait untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sehingga siswa dapat menghadapi berbagai tantangan yang mereka khawatirkan dalam berbicara. Kesimpulannya, English Camp memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan meningkatkan kepercayaan diri siswa menjadi lebih baik.

References

Amita, S., Tavriyanti, L., & Ernati. (2015). The Effect of the English Club Program toward the Second Grade Students’ Speaking Ability at SMP 18 Padang.
Journal of Arts and Social Science Bung Hatta University, 2(1), 34-50.
Anggraeni, S. F., (2016). The Effect of English Club on Students’ Speaking Ability at SMPN 2 Lembah Gumanti. Jurnal Ilmiah Mahasiswa - STKIP PGRI SUMBAR, 1–4.
Galvin, M., Carney, S., Corr, B., Mays, I., Pender, N., & Hardiman, O. (2018). Needs of Informal Caregivers Across the Caregiving Course in Amyotrophic Lateral Sclerosis: A Qualitative Analysis. BMJ Open, 8(1), 1–10
Hidayat, N., & Clarita, Z., M. (2020). An Analysis of Students’ Speaking Difficulties at Eighth Grade SMP IT At-Taqwa Surabaya. IJET (Indonesian Journal of English Teaching), 9(1), 108–117
Hussin, R. A. (2020). The Use of Youtube Media through Group Discussion in Teaching Speaking. English Education Journal, 11(1), 19–33.
Jalaluddin, J. (2015). The Role of Camp in Promoting the Participants’ Spoken English Expression. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 2(1), 46.
Lambert, V., A., & Lambert, C., E. (2012). Qualitative Descriptive Research: An Acceptable Design. Pacific Rim International Journal of Nursing Research, 16(4), 255-256.
Manan, N., A. (2018). Commitment, Community and Bravery: The Core Activities
Endorsing Speaking Skill by English Camp Program. English Review: Journal of English Education, 6(2), 77.
Robert, K., Yin. (2011). Qualitative Research from Start to Finish. New York: Guildfordpress.
Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan (Edisi 25). Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Irawati, P., dan Fitrihidajati, H. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Model Pembelajaran Guided Inquiry Materi Sistem Transportasi di Kelas VII. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(3), 217–221.

Downloads

Published

2023-02-17