Identifikasi Kecerdasan Majemuk Peserta Didik Pada Materi Usaha dan Energi SMA N 11 Banda Aceh
Keywords:
Identifikasi, Kecerdasan Majemuk, Usaha dan EnergiAbstract
Identifikasi kecerdasan majemuk agar dapat memudahkan penilaian terhadap peserta didik dengan menggunakan beberapa tolak ukur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kecerdasan majemuk peserta didik pada materi usaha dan energi di SMA N 11 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA N 11 Banda Aceh sebanyak 5 siswa yang terdiri dari 2 laki-laki dan 3 Perempuan yang dilakukan dikelas yang berbeda. Metode penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Peserta didik yang memiliki kecerdasan logis matematis sebanyak 5 orang atau sebesar 39%. Siswa yang memiliki kecerdasan bahasa sebanyak 23% atau 3 peserta didik. Pada kecerdasan interpersonal dan kecerdasan visual memiliki persentasi yang sama yaitu sebesar 15% atau 2 peserta didik, dan banyak siswa yang memiliki kecerdasan spritual yaitu sebesar 8% atau 1 peserta didik. Sehingga dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa kecerdasan logis matematis dimiliki oleh semua peserta didik.
References
sari, Nurvica dkk. (2019). Mengenal dan Mengidentifikasi Keccerdasan Majemuk Pada Anak. Article. Pontianak: Universitas Potensi Utama. 336.
Sari, Tanti Kurniah Sari. (2019). Peningkatan Minat Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Berbasis Multiple intelligences Bagi Peserta Didik SMK. Jurnal Penelitian dan kajian Pendidikan, 8(1), 194
Setiawan, Guruh Agung. (2017). Posedur Identifikasi Anak Kesulitan Belajar yang Diimplementasikan Oleh Guru di SDN INKLUSI. Skripsi. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya. 2
Sulistiyaningsih, Retno dkk. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk pada Generasi Melenial Sisiwa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insantama Malang. Journal of Community Engagement. 1(3), 159
Marpaung, Junierissa. (2017). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kecerdasan Majemuk Anak, Jurnal Kopasta. 4(1), 10
Chatib, Munif. (2014). Orangtuanya Manusia: Melejit Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung : Mizan Pustaka. 87-88
Yaumi, Muhammad. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple intelegences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana. 9.
Armstong, Thomas. (2002). Sekolah Para Juara Menerapkan Multiple Intelligences do Dunia Pendidikan, Bandung: Kaifa. 20
Syarifah. (2017).Konsep Kecerdasan Majemuk Hoard Gardner. Jurnal Ilmiah Sustainable. 4(1)., 10-11.