Analisis Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Persamaan Kuadrat

Authors

  • Nurun Khilma Fauqa Humairo Sabadi Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh
  • Lukman Ibrahim UIN Ar-raniry Banda Aceh
  • Vina Apriliani UIN Ar-raniry Banda Aceh

Keywords:

Kesulitan Belajar; Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa dan faktor- faktor kesulitan siswa. Subjek pada penelitian ini adalah 3 siswa kelas IX-5 SMP Negeri 8 Banda Aceh. Metode pengumpulan data pada penelitian adalah pemberian tes uraian sebanyak 2 soal dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa adalah adalah kesulitan dalam memahami ide-ide matematika secara lisan dan tertulis; menjelaskan ide, situasi dan relasi matematika secara tulisan dan lisan dengan menggunakan ekspresi aljabar; menyusun model matematika suatu peristiwa; menggunakan rumus untuk menyatakan informasi matematika Faktor kesulitan siswa adalah siswa lupa atau tidak dapat mengingat rumus serta tidak mampu melakukan penyelesaian dengan rumus, siswa melakukan pemfaktoran dengan menebak atau mencoba-coba, siswa tidak teliti, kurangnya waktu pengerjaan soal, kondisi kelas yang tidak kondusif, kondisi rumah yang tidak kondusif, fasilitas sekolah yang kurang memadai, sulit berkonsentrasi pada saat pembelajaran berlangsung, catatan yang tidak lengkap, tidak mampu mengembangkan pengetahuan yang ada untuk menyelesaikan masalah yang baru, gaya berpikir, kurangnya latihan, tidak mengulang kembali pelajaran, kesiapan belajar yang kurang dan rasa percaya diri yang rendah.

This study aims to determine the difficulties experienced by students and the factors of student difficulties. The subjects in this study were 3 students of class IX-5 at SMP Negeri 8 Banda Aceh. The method of collecting data in this study was giving a description test of 2 questions and interviews. The results of this study indicate that the difficulties experienced by students are difficulties in understanding mathematical ideas orally and in writing; explain ideas, situations and mathematical relations in writing and orally using algebraic expressions; construct a mathematical model of an event; using formulas to express mathematical information Factors for student difficulty are students forgetting or not being able to remember formulas and are unable to complete formulas, students do factoring by guessing or trial and error, students are not careful, lack of time to work on questions, class conditions are not conducive, unconducive home conditions, inadequate school facilities, difficulty concentrating during learning, incomplete notes, unable to develop existing knowledge to solve new problems, thinking style, lack of practice, not repeating lessons, poor learning readiness lacking and low self-esteem.

References

Amanah, S. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 2 Mrebet Kabupaten Purbalingga. IAIN Purwokerto, 105.
Bahri, S. (2011). Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII SMP Negeri I Banda Aceh pada Materi Perbandingan. Banda Aceh.
C, G., & L, S. (1996). Communication Processes in Mathematical Exploration and Investigations. Reston.
Fadillah. (2022). Apakah Keterampilan Persepsi Visual Berhubungan Dengan Tingkat Kematangan Intelektual Anak? . Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profession), 220-231.
Halid, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pammana Kabupaten Wajo. Skripsi.
Ma'rufi. (2011). Kemampuan Matematika Dan Gaya Berpikir Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNCP). Jurnal Dinamika, 28-44.
Mulyadi, & Setiawan, A. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Perpustakaan Universitas Sanata Dharma.
Mutaqillah, A. (2015, Februari 14). Problematika Menulis. Jakarta: Lembar Ilmu.
Sarlina, S. F., & Alyani, F. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IX pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2711-2722.
Setiawan, D. (2014). Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Persamaan Kuadrat dan Scaffolding yang Diberikan. Malang: Mulok Perpustakaan Universitas Malang.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjono. (1994). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Wio, S. S. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Terhadap Pemahaman Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII. Malang: Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2024-10-12