ANALISIS RELEVANSI KESARJANAAN WARTAWAN DALAM MENULIS BERITA
Indonesia
Keywords:
Relevansi Kesarjanaan;, Wartawan;, Menulis Berita;Abstract
Tulisan ini menganalisis relevansi kesarjanaan wartawan dalam menulis berita. Menjelaskan tentang wartawan yang bekerja di perusahaan media tidak sesuai latar belakang pendidikan kesarjanaan. Salah satu perusahaan yang merekrut sarjana tidak sesuai dengan bidangnya adalah Serambi Indonesia. Serambi Indonesia seharusnya merekrut lulusan berlatarbelakang Komunikasi atau Jurnalistik tetapi dalam aplikasinya tidak demikian. Padahal Komunikasi dan Jurnalistik dekat dengan kewartawanan. Hal ini dapat berefek pada gaya penulisan berita. Penelitian ini ingin menjawab bagaimana relevansi kesarjanaan wartawan dalam menulis berita dan bagaimana indikator menjadi wartawan. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi organisasi. Metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan Serambi Indonesia tidak terdapat relevansi kesarjanaan dengan berita yang wartawan tulis, dikarenakan Serambi Indonesia merekrut karyawan dari berbagai kesarjanaan seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Kedokteran, Pertanian, Ekonomi, Pidana Perdata Islam, Ilmu Sosial dan Politik, dan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Sehingga dalam penulisan tidak diperlukan relevansi kesarjanaan. Keragaman sarjana menjadi warna dan keahlian dan kedalaman dalam penulisan berita. Serambi Indonesia menetapkan indikator dalam merekrut wartawan seperti harus sarjana strata satu, mampu menulis berita 5w + 1 H, pernah berkirah di lembaga jurnalistik, memiliki mental yang kuat dan mampu berkerjasama dengan tim.
References
Iskandar. Metodologi Penelitian Kualitatif. Gaung Persada, 2009.
Iskandar, Herry. “Pengaruh Penempatan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai.” Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME) 8, no. 4 (2020): 243–60. https://doi.org/10.26418/ejme.v8i4.43638.
Masmuh, Abdullah. Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Teori Dan Praktek. Malang: Umm Press, 2010.
Mukarram, Zaenal. Teori-Teori Komunikasi. Bandung: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Sunan Gunung Djati, 2010.
Prihantoro, Agus. “PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI MOTIVASI, DISIPLIN, LINGKUNGAN KERJA, DAN KOMITMEN.” Value Added 2, no. 8 (2012): 78–98.
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (2019): 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Siregar, Robert Tua. Komunikasi Organisasi. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2021.
Sudjana, Nana. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009.
Sumanti, Irene Ch. “Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 6 No. 1 Maret 2018” 6, no. 1 (2018): 1–7.
Umar, Darwin. “Relevansi Sumber Daya Manusia Lulusan Fakultas Dakwah Institut Ptiq Jakarta Dengan Kebutuhan Dunia Kerja.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2 (2022): 228–42. https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i2.223.
Widyanningtyas, Mia Dwianna. “Idealisme Wartawan Dalam Pusaran Bisnis Media: Runtuhnya Dinding Api.” Idealisme Jurnalis & Inovasi Model Bisnis Industri Media, 2022, 165–76. https://doi.org/10.37535/20320220111.