Menggali Makna Perintah Membaca dalam Surat Al-Alaq: Tanggung Jawab Pustakawan dalam Mendorong Literasi Masyarakat di Era Modern
Keywords:
Surat al-Alaq, peran pustakawan, perintah membacaAbstract
Penelitian ini berusaha untuk menyelidiki implikasi dari perintah membaca yang disajikan dalam Surat Al-Alaq sementara juga meneliti peran pustakawan dalam mempromosikan literasi dalam masyarakat kontemporer. Surah Al-Alaq, yang diakui sebagai wahyu awal yang diberikan kepada Nabi Muhammad, menggarisbawahi sifat kritis membaca sebagai landasan perolehan pengetahuan dan pertumbuhan pribadi. Dalam kerangka ini, pustakawan menempati posisi penting dalam meningkatkan literasi masyarakat dengan memfasilitasi akses ke informasi, mengembangkan inisiatif literasi, dan berkolaborasi dengan beragam pemangku kepentingan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, khususnya menggunakan kerangka penelitian perpustakaan. Tujuan utama dari penyelidikan ini adalah untuk mengidentifikasi literatur terkait, termasuk teks-teks agama (seperti Quran), interpretasi, dan studi fenomenologis, untuk memahami persepsi pustakawan tentang tugas mereka di tengah kemajuan pesat dalam teknologi informasi. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa pustakawan berfungsi tidak hanya sebagai penjaga informasi tetapi juga sebagai katalis untuk transformasi, mampu menumbuhkan budaya membaca dan meningkatkan kesadaran publik mengenai pentingnya literasi. Signifikansi yang diartikulasikan dalam surah Al-Alaq dijelaskan lebih lanjut melalui interpretasi ilmiah, menempatkannya sebagai keharusan untuk membaca, menulis, dan pendidikan yang penting bagi keberadaan manusia.
References
Ayilzi Putri et al., “Perintah Belajar Dan Mengajar Dalam Q. S. Al-'Alaq Ayat 1-5 Menurut Tafsir. Ath-Thabari,” Edu-Religia 7, no. 3 (2023)
Syam (2022). Urgensi membaca dan menulis dalam pendidikan islam berdasarkan surah al-'alaq ayat 1-5 menurut perspektif tafsir al-wasith karya syekh wahbah az-zuhaili. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 12(2):91-91. doi: 10.18592/jtipai.v12i2.7801
Agung Setiyawan and Hilda Fauziyah (2023). Study of linguistics and educational values contained in surah al-alaq verses 1-5. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 8(1), 94-106. https://doi.org/10.14421/edulab.2023.81.07
'Afiifah, I. N. and Yahya, M. (2020). Konsep belajar dalam al-qur’an surat al-‘alaq ayat 1-5 (studi tafsir al-misbah). Arfannur, 1(1), 87-102. https://doi.org/10.24260/arfannur.v1i1.161
Nurmala, A. and Sobari, A. (2020). Hubungan pendidikan dengan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam perspektif guru. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 10. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a2.2020
Agung Setiyawan and Hilda Fauziyah (2023). Study of linguistics and educational values contained in surah al-alaq verses 1-5. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 8(1), 94-106. https://doi.org/10.14421/edulab.2023.81.07
Ayilzi, Putri., M., Alfiansyah., Siti, Aisyah, Panjaitan., Alde, Rizky, Pratama, Siregar., Aloken, Marwahta, Br, Ginting. (2023). 1. Perintah Belajar dan Mengajar dalam Q. S. Al-‘Alaq Ayat 1-5 Menurut Tafsir Ath-Thabari. Edu-Riligia, doi: 10.47006/er.v7i3.16141
Hidayat, S., & Muthoifin, S. H. I. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berkemajuan Dalam QS Al-Alaq Ayat 1-5 (Kajian Tafsir Tarbawi Perspektif Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Misbah) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).523.
Janah, M. (2019). Konsep Literasi Informasi menurut Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Alaq Ayat 1-5 Analisis Tafsir Jalalain. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Palembang.
Shihab, M. Quraish. (2000). Sejarah &’ulum al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus... cet. Ke-II.
Chandra, A. N., Haryati, S., & Haris, V. (2020). Desain lkpd fisika berorientasi al-qur’an dengan strategi inkuiri terbimbing terhadap pencapaian kompetensi peserta didik sma/ma. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 12(1), 5. https://doi.org/10.31958/js.v12i1.2198
Lestari, S. N. (2018). Peran perusahaan melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan sebagai upaya pengentasan kemiskinan di indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 46(1), 80. https://doi.org/10.14710/mmh.46.1.2017.80-91
Lorens, X., Razzaq, A., & Imron, K. (2024). Telaah Pemikiran Quraish Shihab dengan Tafsir Al-Misbah Surah Al-Alaq Ayat 1-5 dalam Pendidikan Islam di Keluarga. Jurnal Ilmiah Global Education, 5(3), 1516-1
M.Quraish Shihab, Loc.Cit., hlm. 260
Abidin, Muhammad Zainal. “Konsep Ilmu Dalam Islam: Tinjauan Terhadap Makna, Hakikat, Dan Sumber-Sumber Ilmu Dalam Islam.” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 10, no. 1 (2016).
Maimun, M., Sanusi, S., Yusuf, R., & Muthia, H. (2020). Internalisasi nilai-nilai karakter kebangsaan melalui literasi budaya dan kewarganegaraan di sekolah menengah atas (sma) kota banda aceh. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 8. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1789
Muhammad Nasib Ar-rifa‟I , Op.Cit., hlm. 236
Romdhoni, A. (2013). Al Quran dan Literasi. Linus.
Susetyarini, E., Permana, T. I., Gunarta, G., Setyawan, D., Latifa, R., & Zaenab, S. (2019). Motivasi dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran berbasis proyek, sebuah penelitian tindakan kelas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22293
Syam, Syamsudin. (2022). 3. Semantic Study and Learning Implementation in Surah Al ‘Alaq. doi: 10.21111/ijelal.v2i2.7178
Hasil Wawancara dengan Nurjannah, Pustakawan MA Darul Ulum Banda Aceh
Hasil Wawancara dengan Nurulrahmi, Pustakawan Gampong Sigli.
Zarnuji, A., Azizah, I. N., Amin, M. N., & Prasetyawati, E. (2021). An Analysis of the Qur'an Values in Pancasila and Its Application of Mathematics Learning. Bulletin of Pedagogical Research, 1(2), 243-251