RELASI MAKNA SINONIMI DAN ANTONIMI DALAM CERPEN WAJH AL-HAQIQOH KARYA TAUFIK AL-HAKIM

Authors

  • Fika Azlia Salsabila Fika a:1:{s:5:"en_US";s:11:"IAIN Metro ";}
  • Ika Selviana Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.22373/nahdah.v3i2.2867

Keywords:

Kata Kunci: Sinonim; Antonim; Cerpen

Abstract

Dalam kajian lingusitik relasi makna mencakup antonim, sinonim, dan polisemi. Pada praktiknya para pakar linguistik masih memperdebatkan terkait pro dan kontra sinonim dan antonim. Hal yang diperdebatkan ialah terkait apakah makna tersebut merupakan makna yang sama atau hanya turunan sifat semata. Penulis menggunakan metode kualitatif deskrpitif . Penulis juga menggunakan teknik simak catat dalam pengumpulan data, di mana peneliti membaca keseluruhan cerita kemudian mencatat dan menandai kata atau penggalan yang mengandung unsur relasi makna. Pada penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data yang berfokus pada penggunakan teknik padan dalam cerpen. Setelah menggunakan metode tersebut peneliti menemukan bentuk sinonim pada penggalan diriku sempat tercengang saat ketika waktu malam telah tiba menghadang. Setelah datangnya sang istri ruangan samping sunyi senyap tak ada suara”. Kata sunyi dan senyap terklasifikasi ke dalam bentuk sinonim semirip. Sedangkan pada penggalan “Pada akhirnya, hingga kesekian kalinya diriku tak bisa membedakan mana batas-batas antara dunia realita, dan dunia imajinasi”. Kata realtita dan imajinasi merupakan bentuk makna yang berlawanan atau bentuk antonim oposisi kutub. Di mana realita bermakna dunia atau keadaan yang bersifa nyata. Sedangkan imajinasi merupakan keadaan yang hanya ada dalam pikiran serta bayang-bayang manusia belaka. Dua kata tersebut berlawanan secara makna.

 

Kata Kunci: Sinonim; Antonim; Cerpen

 

References

Ahmad, L. T. 2021. Tema-tema Utama Linguistik dalam Adab Al-Katib Karya Monumental Ibn Qutaibah. Penerbit A-Empat.
Fadhila Ulfa, Saila. 2023. "Pandangan Dunia Ghassan Kanafani Dalam Cerpen 'Ardhu Al-Burtuqol Al-Haziin.” An- Nahdhah Al-'Arabiyah 3(1):40–58. doi: 10.22373/nahdah.v3i1.2389.
Hakim, T. 2008. Dalam Perjamuan Cinta. Republika.
Lestari, Dewi Puji, Mursia Ekawati, dan Dzikrina Dian Cahyani. 2019. “Relasi Makna Sinonimi dan Antonimi Pada Kalimat dalam Rubrik Opini Kompas edisi November 2018 sebagai bahan ajar di SMA. "2
Moh. Matsna HS. 2016. Kajian Semantik Arab Klasik dan Kontemporer. Prenadamedia Group.
Parera, J. D. 2004. Teori Semantik. Erlangga.
Prof. Dr. Djoko Saryono, M. P., P. D. Soedjito, dan S. P. M. P. Agung Setyawanto. 2021. Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia: Sinonim. Bumi Aksara.
Qalyubi, S. 2008. Stilistika Al-Qur'an : Makna di Balik Kisah Nabi Ibrahim. LKIS pelangi Aksara.
Taufik al-Hakim. t.t. Arinillah. Mesir: Maktabah Usrah.
Yulianti S.Pd, Pupun. 2014. Kamus Lengkap Sinonim Antonim Indonesia: Buku Penting Untuk Semua Orang Indonesia. Lembar Pustaka Indonesia.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Fika, F. A. S., & Ika Selviana. (2023). RELASI MAKNA SINONIMI DAN ANTONIMI DALAM CERPEN WAJH AL-HAQIQOH KARYA TAUFIK AL-HAKIM. n-ahdah l-’Arabiyah, 3(2), 121–132. https://doi.org/10.22373/nahdah.v3i2.2867

Issue

Section

Articles