PANDANGAN ABDUL QAHIR AL-JURJANI TERHADAP AL-FASHAHAH DALAM KITAB DALA’IL AL I’JAZ

Authors

  • Obaidullah UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
  • Akmal Fajri UIN sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Lailiyatur Rohmah

DOI:

https://doi.org/10.22373/nahdah.v2i1.1488

Keywords:

al-Fashahah, Dala’il al-I’jaz, Abd Qahir al-Jurjani

Abstract

Dala’il al-I’jaz merupakan salah satu kitab karya dari Abdul Qahir al-Jurjani. Beliau adalah tokoh dari ilmu balaghah juga dikenal sebagai salah satu peletak dasar-dasar dari ilmu balaghah itu sendiri. Banyak karangan beliau tentang balaghah dan salah satunya adalah kitab tersebut. Adapun salah satu pembahasan di dalam ilmu balaghah adanya pembahasan al-Fashahah yang dalam artikel ini menjadi objek formal dari penelitain ini, dengan permasalahan yang diangkat dalam artikel ini adalah melihat pandang dari al-Jurjani sendiri sebagai penulis atau pengarang dari kitab Dala’il al-I’jaz tersebut terhadap al-Fashahah itu sendiri. Adapun metode penelitian yang diterapkan dalam artikel ini adalah deskriptif kualitatif dengan melihat rujukan kepada artikel dan buku-buku yang terkait dengan pembahasan yang diteliti serta yang menjadi objek material dari kajian ini adalah kitab Dala’il al-I’jaz. Sehingga didapati hasil dari hasil penelitian yang memperlihatkan padangan al-Jurjani terhadap al-fashahah, adapaun salah satu diantara pandangan al-Jurjani adalah beliau berpandangan bahwa al-fashahah itu merupakan makna bukanlah lafadz.

References

Abd al-Hafidz Hasan, Ilmu al-Ma’ani: Diraasah Nadzariyyah Tadzbiiqyiyah, Mesir: Maktabah al-Adab, 2010.

Abdul Qahir al-Jurjani, Kitab Dala’il al-I’jaz, Kairo: al-Hai’ah al-Mishriyyah.

Ach. Thabrani, Nadzam Dalam I’jaz Al-Qur’an Menurut Abdul Qahir Al-Jurjani, Jurnal Al Mi’yar Vol. 1, No. 1 April 2018.

Ahmad bin Ibrahim bin Mushtafa al-Hasyimiy, Jawahir al-Balaghah fi al-Ma’any wal al- Bayan wa al-Badi’, Beirut: Dar al-Fikr, 1978.

Ali al-Jarim dan Musthafa Amin, al-Balaaghatul Waadhihah Terj. cet.IX. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011.

Al-Sa’id Al-Baz, al-Madkhal ila al-Balaghah al-‘Arabiyah, Kairo: Maktabah al-Zahra, tth.

Id, Raja, Falsafah al-Balaghah: Baina al-Tiqniyyah wa al-Tathawwur, Alexandria: Munsya’at al-Ma’arif, Cet. II, 1988.

Juhdi Rifai, Pendekatan Ilmu Balaghah Dalam Shafwah al-Tafasir Karya ‘Ali al-Shabuny, Jurnal Ulunnuha, Vol. 8, No. 2, Desember 2019.

M. Kamalul Fikri, Konsep Relasi Lafz dan Ma’na Dalam Perspektif Abdul Qahir al-Jurjani dan Implikasinya Terhadap Penafsiran, Jurnal Suhuf, Vol, II, No. 2, Desember 2018.

Mahmud Muhammad Syakir, muqaddimah dalam Abd al-Qahir al-Jurjani, Dala’il al-I’jaz, pembacaan dan komentar oleh Mahmud Muhammad Syakir (Kairo: al-Hai’ah al-Mishriyyah)

Mardjoko Idris, Ilmu Balaghah Antara Al-Bayan dan Al-Badi’, cet.I, Yogyakarta: Teras, 2007.

Musoffa Basyir-Rasyad, Semiotika Dalam Khazanah Pemikiran Islam Cikal Bakal Semiotika Dalam Khazanah Pemikiran Arab-Islam (Studi Kitab Dala’il al-I’jaz karya abd al-Qahir al-Jurjani).

Downloads

Published

2022-02-09

How to Cite

Obaidullah, Akmal Fajri, & Lailiyatur Rohmah. (2022). PANDANGAN ABDUL QAHIR AL-JURJANI TERHADAP AL-FASHAHAH DALAM KITAB DALA’IL AL I’JAZ. n-ahdah l-’Arabiyah, 2(1), 61–72. https://doi.org/10.22373/nahdah.v2i1.1488

Issue

Section

Articles