Pengaruh Persepsi dan Manfaat Digitalisasi terhadap Keputusan Pembayaran Infaq

The Influence of Perception and Benefits of Digitalization on Infaq Payment Decisions

Authors

  • Laela Dwi Febriyanti Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Rusdianto Rusdianto Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22373/jsai.v5i2.4655

Keywords:

Infaq, Digitalisasi Keuangan, Platform digital, Kepercayaan, Transparansi

Abstract

The digital transformation of infaq management in Indonesia marks a strategic shift towards increased transactional efficiency and transparency. With technological advancements, the use of digital platforms for religious donations has grown, altering the landscape of charitable giving. This study aims to explore the impact of perceived ease of use, security, transparency, trust, and perceived benefits on donor decision-making in online infaq payments. Employing a quantitative approach, data were collected from 100 respondents in the Special Region of Yogyakarta (DIY), selected based on their experience with online infaq payments, residency, employment status, and religious adherence. Multiple regression analysis conducted using SPSS revealed that ease of use, trust, and perceived benefits significantly influence donor decisions, whereas security and transparency do not. These findings highlight the importance of ease and benefits in enhancing the adoption of online infaq payments.

Abstrak

Transformasi digital dalam pengelolaan infaq di Indonesia menandai pergeseran strategis menuju peningkatan efisiensi dan transparansi transaksi. Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan platform digital untuk donasi keagamaan meningkat, mengubah lanskap pemberian amal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, keamanan, transparansi, kepercayaan, dan manfaat yang dirasakan terhadap keputusan donatur dalam pembayaran infaq online. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 100 responden di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang dipilih berdasarkan pengalaman pembayaran infaq online, domisili, status pekerjaan, dan kepatuhan beragama. Analisis regresi berganda dengan SPSS mengungkap bahwa kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan manfaat yang dirasakan berpengaruh signifikan terhadap keputusan donatur, sedangkan keamanan dan transparansi tidak. Temuan ini menekankan pentingnya faktor kemudahan dan manfaat dalam meningkatkan adopsi pembayaran infaq online.

References

Abid, Muhammad Syfaul, and Sri Muljaningsih. 2023. “Pengaruh Kepercayaan, Transparansi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Muzakki Laz Solo P Eduli.” ISLAMIC ECONOMICS AND FINANCE IN FOCUS 2(2):181–92.

Anjelina, Eni Devi, Rania Salsabila, and Dwi Ayu Fitriyanti. 2020. “Peranan Zakat, Infak Dan Sedekah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat.” Jihbiz Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Perbankan Syariah 4(2):136–47. doi: 10.33379/jihbiz.v4i2.859.

Corsini, Lucia, Santosh Jagtap, and James Moultrie. 2022. “Design with and by Marginalized People in Humanitarian Makerspaces.” International Journal of Design 16(2):91–105. doi: 10.57698/v16i2.07.

Ericaningtyas, Rizki Budi, and Bambang Minarso. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Minat Penggunaan Sistem Pembayaran E-Wallet Di Masa Pandemi Covid-19.” JAKA (Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Auditing) 2(2):1–20. doi: 10.56696/jaka.v2i2.5412.

Fahad, Muhammad Aril. 2019. “Pengaruh Kepercayaan Terhadap Baznas, Pendapatan Dan Pengetahuan Terhada Minat Masyarakat Membayar Zakat Mal Di Kabupaten Bojonegoro.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 8(1):5.

Irawati, Narendra, and Endah Nur Fitriyani. 2022. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Sedekah Non Tunai.” Journal of Islamic Economics and Finance Studies 3(2):179. doi: 10.47700/jiefes.v3i2.4779.

Khoiriyah, Siti Umul, Achmad Syahfrudin Zulkarnnaeni, and Moh Halim. 2023. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology Pada Aplikasi Dana Studi Kasus Pada Toko Online Dan Toko Fisik Di Kecamatan Ajung.” Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis 9(1):70–79.

Martin, Martin, and Victor Victor. 2023. “Analisis Pengaruh Kemampuan Berwirausaha Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pedagang Kuliner Bagya City Medan).” Jurnal Administrasi Dan Manajemen 13(4):385–92. doi: 10.52643/jam.v13i4.3744.

Muslih, Fadel Ruzikul. 2020. “Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Dan Kredibilitas, Dan Transparansi Terhadap Preferensi Muzaki Dalam Memilih Membayar Zakat Maal Melalui Lembaga Amil Zakat (Analisis Pada Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis 8(2):1–11.

Ramadhan, Ummy Khaira. 2021. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Keamanan, Transparansi Terhadap Keputusan Donatur Dan Muzaki Dalam Membayar Zakat, Infak, Dan Sedekah Melalui Platform E-Wallet.” 10:6.

Rukmana, Ceriah, Lya Reinita, Nikmah Toyiba, Fajri Hidayat, and Maya Panorama. 2023. “Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Pengaruh Digital Payment Terhadap Minat Masyarakat Dalam Membayar Zakat Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah.” 5:2607–15. doi: 10.47467/alkharaj.v5i5.2572.

Suhendi, Hendi, and Muhammad Fauzi Arif. 2021. “Development of Infaq Management through Digitalization Management and Improvement of Donor ’ s Diversity.” HIKMAH: Jurnal Dakwah & Sosial 1(2):1–6.

Syahputra, Angga, and Mukhtasar Mukhtasar. 2021. “Digitizing Zakat Collection through the E-Payment System.” Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah 13(1):14. doi: 10.24235/amwal.v13i1.7962.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Febriyanti, L. D. ., & Rusdianto, R. (2024). Pengaruh Persepsi dan Manfaat Digitalisasi terhadap Keputusan Pembayaran Infaq: The Influence of Perception and Benefits of Digitalization on Infaq Payment Decisions. urnal osiologi gama ndonesia (JSAI), 5(2), 230–245. https://doi.org/10.22373/jsai.v5i2.4655

Issue

Section

Research Articles