Solidaritas dan Transaksi Ekonomi dalam Komunitas Suporter Persis Solo

Solidarity and Economic Transactions within the Persis Solo Supporters' Community

Authors

  • Ronald Tri Pamungkas Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Danang Purwanto Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Riadi Syafutra Siregar Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.22373/jsai.v4i3.3528

Keywords:

Football, Supporter, Away Days, Persis Solo

Abstract

Football is more than just a game on the field; it also involves social and economic aspects, especially among fans. This research examines the 'away days' phenomenon with Persis Solo football club supporters, where some fans sell or pawn belongings to fund their travel. Using qualitative methods and a case study approach, this study gathered data through interviews and observations with seven selected informants in Solo City. The study reveals that Persis Solo supporters' activities go beyond just supporting their team; they also engage in economic transactions. When it comes to away days, supporters' decisions to sell or pawn items are more about helping and making away days successful than needing those items. These transactions during away days are based on trust and involve strong social connections among the supporters.

Abstrak
Sepak bola tidak hanya terbatas pada permainan di lapangan, tetapi juga melibatkan fenomena sosial-ekonomi, terutama di kalangan suporter. Penelitian ini mengkaji fenomena away days yang terjadi di antara suporter klub sepak bola Persis Solo. Di dalam fenomena ini, beberapa suporter terlibat dalam penjualan dan gadai barang untuk membiayai perjalanan mereka. Dengan menggunakan metodologi kualitatif dan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi dari tujuh informan yang dipilih secara purposive sampling di Kota Solo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas suporter Persis Solo melampaui dukungan tim biasa, merambah ke dalam transaksi ekonomi. Saat away days, keputusan suporter untuk membeli atau menggadaikan barang lebih didorong oleh keinginan untuk membantu dan menyukseskan away days, daripada oleh kebutuhan atas barang itu sendiri. Transaksi yang terjadi dalam konteks away days ini berakar pada rasa kepercayaan dan melibatkan jaringan sosial yang kuat di antara suporter.

References

Abdurrohman, Addin Hanifa. 2018. “Pola Komunikasi Pada Komunitas Campus Bois 1923.” Universitas Sebelas Maret.

Arsita, Meita, Ahmad Zuber, and Argyo Demartoto. 2020. “The Social Embeddedness of MSMEs Goyor Woven Sarong in Sambirembe Village, Kalijambe, Sragen.” Society 8(2):359–71. doi: 10.33019/society.v8i2.198.

Assyaumin, Moch Ian Brilian, Mahmud Yunus, and Slamet Raharjo. 2017. “Fanatisme Suporter Sepakbola Ditinjau Dari Aspek Sosio-Antropologis (Studi Kasus Aremania Malang).” Jurnal Sport Science 7(1):42–57.

Azari, Melisa, and Wirdanengsih Wirdanengsih. 2022. “Jaringan Sosial Pedagang Dalam Mempertahankan Usaha Pada Masa Pandemi Di Kawasan Jembatan Siti Nurbaya.” Jurnal Perspektif 5(3):404–12. doi: 10.24036/perspektif.v5i3.666.

Damsar, Indrayani. 2018. PENGANTAR SOSIOLOGI EKONOMI. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Denzin, Norman K. dan Lincoln, Yvonnna S. 2009. Handbook Of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dyah Niatami, Silviyana, Noyanta Luga, and Oky Rachmawati. 2020. “Analisis Program Integrated Communication Komunitas Brigata Curva Sud (BCS) Dalam Membentuk Kesadaran Suporter Sepak Bola PSS Sleman.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora 4(2):109–17.

Erlina, Alfitri, and Mery Yanti. 2019. “Keterlakatan Perilaku Ekonomi Dalam Hubungan Sosial Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Palembang Square Mall.” Jurnal Media Sosiologi Bidang Ilmu Sosial 22(1):67–76.

Hajar, Nisaul Azmi. 2018. “Studi Fenomenologi Keterlekatan Komunitas Persatuan Saudagar Bawean (PSB) Dalam Bidang Ekonomi Dan Sosial Di Kota Malang.” Jurnal Analisa Sosiologi 56–69.

Hismendi. 2016. “E-Commerce: Model Interaksi Jual Beli (Studi Pada Pelaku Interaksi Jual Beli Melalui Internet).” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 15(1):39–48.

Maria, Nugroho Sumarjiyanto Benedictus, and Tri Widayati. 2020. “Dampak Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Perilaku Pengguna Media Sosial Dalam Melakukan Transaksi Ekonomi.” Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen 6(2):234–39. doi: 10.31289/jkbm.v6i2.3801.

Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. 2014. “Analisis Data Kualitatif.”

Mitchell, J. Clyde. 1969. The Concept and Use of Social Networks. Indianapolis.

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Orkananda, Kevin, and Raden Muhammad Bathara Poerbaningrat. 2020. “Konsep Diri Suporter Sepak Bola Perempuan PSS Sleman.” Jurnal Audiens 1(1). doi: 10.18196/ja.1108.

Prakoso, Bayu Agung, and Achmad Mujab Masykur. 2013. “FANATISME SUPORTER SEPAKBOLA PERSIJA JAKARTA.” Universitas Diponegoro.

Putri, Oni, and Nur Hidayah. 2019. “Keterlekatan Sosial Pedagang Pasar Tradisional (Studi Pada Paguyuban ‘Margo Mulyo’ Pasar Kotagede Yogyakarta).” E-Societas 8(3):2–14.

Rijal, Ahmad Saifur. 2023. “Spirit Siri ’ Na Pacce : Telaah Makna Biaya Away Day Suporter PSM Makassar Yang Timbul Atas Kecintaan Terhadap Klub.” 3:6019–32.

Rizki Pangesti, Issan. 2019. “Peran Suporter Viking Persib Club Dalam Perkembangan Persib Pada Tahun 1993-2014.” Universitas Siliwangi.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Pamungkas, R. T. ., Purwanto, D. ., & Siregar, R. S. . (2023). Solidaritas dan Transaksi Ekonomi dalam Komunitas Suporter Persis Solo: Solidarity and Economic Transactions within the Persis Solo Supporters’ Community. urnal osiologi gama ndonesia (JSAI), 4(3), 435–445. https://doi.org/10.22373/jsai.v4i3.3528

Issue

Section

Research Articles