Strategi Komunikasi Persuasif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Dalam Mempromosikan Obyek Wisata Bukit Seguntang

  • Muhamad Afdoli Ramadoni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fifin
  • Tantan Hermansyah
Keywords: Strategi, Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Bukit Seguntang, Pariwisata

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Persuasif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dalam Mempromosikan Obyek Wisata Bukit Seguntang.  Tentang pengelolaan kegiatan pariwasata dalam rangka peningkatan kualitas destinasi pariwisata yang berkelanjutan, berdaya saing, berbasis karakteristik lokal dalam kerangka terwujudnya daya tarik wisata, dukungan aksesbilitas, usaha yang berdaya saing serta peningkatan kemampuan pariwisata lokal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanana strategi komunikasi persuasif dinas kebudayaan dan pariwisata dalam mempromosikan obyek wisata bukit seguntang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik ini adalah wawancara mendalam yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitan. Teknik pengelolaan data dan analisis data dilakukan untuk menjawab pertanyaan yang ada. Adapun analiss data meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini Stategi komunikasi persuasif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mempromosikan obyek wisata bukit seguntang adalah dengan beberapa cara. Pertama cara bekerjasa sama dengan travel agent lokal yang membawa tamu dan wisatawan nusantara atau mancanegara untuk dikenalkan dengan Bukit Seguntang. Kedua, membuat leaflet dan booklet tentang bukit seguntang yang berisikan foto bukit seguntang dan info grafisnya kemudian dipromosikan ke pameran baik dalam negeri maupun luar negeri. Ketiga, menggunakan media cetak, media sosial dan media elektronikdalam mempromosikan dan menyebarkan informasi seputar obyek wisata Bukit Seguntang.

 

Author Biographies

Fifin

Universitas Bina Darma Palembang

Tantan Hermansyah

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

References

Liliweri, Alo. Komunikasi Antarpersonal. 2015. Jakarta: Kencana.
Manalullaili. 2012. Komunikasi Efektif Bagi Seorang Pemimpin. Wardah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. No.25/Th.XXIV/ Desember.ISSN. 1423-3711. E- ISSN 2503-3050.
Nurudin. Ilmu Komunikasi: Ilmiah dan Populer, 2016. Jakarta: Rajawali Pers.
Oka A, Yoeti. Pemasaran Pariwisata Terpadu. 2007, Bandung : Angkasa.
Ruslan, Rosady. Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. 2017. Jakarta: Rajawali Pers.
Soemirat, Soleh dan Suyana, Asep. Falsafah dan Konsep-Konsep Dasar Komunikasi Persuasif. 2014. Banten: Universitas Terbuka Press.
__________ dan Suryana, Asep. Komunikasi Persuasif. 2014. Banten: Universitas Terbuka Press.
__________ dan Ardianto, Elvinaro. Dasar-dasar Public Relation. 2008. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif.2014. Bandung: Alfabeta.
Suparyanto, Rosad. Managament Pemasaran. 2015. Bogor : In Media.
Ahmad Ibo. Mengenang Kejayaan dari Bukit Siguntang. https://www.indonesiakaya.com,
Ahmad Sadam Husen. Gubernur Sumsel Alex Noerden Resmikan Galeri Bukit Seguntang. https//:palembang.tribunnews.com.
Purwanti Retno. Bukit Siguntang: Peranannya Dalam Agama Buddha Pada Masa KerajaanSriwijaya. Diakses https://www.academia.edu.
Andrian Fajriansya, Bukit Seguntang Sejuta Cerita di Palembang. https//:Palembang.tribunnews.com.
Dadang Wahyudi. Staff Bagian Keungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Wawancara Pribadi. Palembang. 26 Juli 2019.
Paramiswari. Kasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan. Wawancara pribadi. Palembang. 01 Agustus 2019.
Published
2022-06-30
How to Cite
Afdoli Ramadoni, M., Fifin, & Hermansyah, T. (2022). Strategi Komunikasi Persuasif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Dalam Mempromosikan Obyek Wisata Bukit Seguntang. SADIDA, 2(1), 81-100. Retrieved from https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/sadida/article/view/1587