ANALISIS SISTEM PEMBAGIAN KEUNTUNGAN PADA PT. HALAL NETWORK INTERNASIONAL HERBA PENAWAR AL-WAHIDA INDONESIA (HNI-HPAI) DALAM PERSPEKTIF AKAD SAMSARAH

Main Article Content

Muhammad Iqbal
Aulia Ulfah

Abstract

Sistem pemasaran berjenjang akhir-akhir ini banyak diminati oleh masyarakat karena selain memudahkan, multilevel marketing juga memberikan keuntungan kepada pembelinya, dimana keuntungan tersebut diperoleh dari bonus yang terdapat pada harga setiap produk. Setiap perusahaan multilevel marketing berbeda-beda akan pembagian keuntungannya. Dalam hal ini ada beberapa perusahaan multilevel marketing yang memberikan janji keuntungan yang besar namun tidak jelas darimana keuntungan tersebut diperoleh. Ketentuan dalam praktik akad samsarah mengenai pembagian keuntungan multilevel marketing adalah adanya kejelasan pada operasional perusahaan, baik dari segi kehalalan produk maupun dari segi pembagian keuntungannya. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana sistem pembagian keuntungan antara member, agen/reseller, dan perusahaan pada PT. Halal Network Internasional Herba Penawar Al-Wahida Indonesia (HNI-HPAI), bagaimana perhitungan biaya pengiriman barang yang dibebankan kepada agen /reseller pada PT. Halal Network Internasional Herba Penawar Al-Wahida Indonesia (HNI-HPAI), dan bagaimana sistem pembagian keuntungan yang dilakukan PT. Halal Network Internasional Herba Penawar Al-Wahida Indonesia (HNI-HPAI) terhadap member dan agen/reseller menurut perspektif akad Samsarah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan dan penelitian kualitatif yaitu pengumpulan data pada suatu latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi. Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa pembagian keuntungan kerjasama pada PT. Halal Network Internasional Herba Penawar Al-Wahida Indonesia (HNI-HPAI) telah sesuai dengan ketentuan dalam akad samsarah. Jika tidak maka perusahaan multilevel marketing tersebut haram akan operasionalnya.

Article Details

Section
Articles

References

Abdul Rahman Ghazaly, Fiqh Muamalat, (Jakarta: Kencana, 2010)
Abdullah Abdulkarim, Broker/Pemakelaran (samsarah) dalam Islam. Diakses melalui situs:http://ocessss.blogspot.com/2009/07/07/brokerpemakelaran-samsarah-dalam-Islam-html pada tanggal 26 September 2019
Ahmad Wardi Muslich, Fiqih Mualamat, (Jakarta: Amzah, 2013)
Andri Soemitra, Hukum Ekonomi Syariah dan Fiqh Muamalah, (Jakarta Timur: Kencana, 2019)
Hasil Wawancara dengan Ibu Ervidayanti, agen/reseller LGED (pangkat tertinggi), Batoh, Banda Aceh pada tanggal 09 November 2019.
Hasil Wawancara dengan Ibu Ridha, agen/reseller tingkat tertinggi, Ulee Kareng, pada tanggal 18 Desember 2018.
Ibnu Hajar as-Asqalani, Bulughul Maram, tahqiq: Muhammad bin Shalih „Utsaimin,
Muhammad Hamid Faqi, Abdullah Bassam, cet. I (Bandung: PT Cordoba Internasional Indonesia, 2015)
Imam Mustafa, Fikih Mu’amalah Kontemporer, (Jakarta: PT RajaGrafindo, 2016)
Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, PT Mahmud Yunus Wa Dzurriyah (Jakarta: PT Mahmud Yunus Wa Dzurriyah, 1972)
Makelar dalam Islam, Pengertian Makelar. Diakses melalui situs:http://koneksiindonesia.org/2014/makelar-dalam-islam/ pada tanggal 26 September 2019.
Makelar dalam Islam, Pengertian Makelar. Diakses melalui situs:http://koneksiindonesia.org/2014/makelar-dalam-islam/ pada tanggal 26 September 2019
Munawir, Sistem Penetapan Komisi dan Provisi Agen dalam Jual Beli Mobil Menurut Hukum, Skripsi, (Banda Aceh: Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Ar-Raniry, 2017)
Nia Mugniati, Akad Al-Ijarah Al- Maushufah Fi Al-Dzimmah, Skripsi, (Banten: Fakultas Syariah, UIN Sultan Maulana Hasanuddin, 2018
Nia Mugniati, Akad Al-Ijarah Al-Maushufah fi Al-Dzimmah, Skripsi, (Banten: Fakuktas Syariah, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2018), hlm. 27.
Nur Intan, Penerapan Syariat Islam pada Sistem Multilevel Marketing Syariah Herba Penwar Al-Wahida (HPA) di Pekanbaru. Skripsi, (Pekanbaru: Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru, 2011)
Panel syariah HPA, Al wahida Marketing Internasional MLM Syariah (Perils: HPA Industries Sdn. Bhd, 2009)
Sohari Sahrani dan Ru‟fah Abdullah, Fikih Muamalah, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011)