KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DITINJAU DARI GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI

Authors

  • Putri Nahrisah Pendidikan Matematika, FTK, UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Zainal Abidin Pendidikan Matematika, FTK, UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Susanti Pendidikan Matematika, FTK, UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Kemampuan berpikir kreatif, Gender

Abstract

Matematika menggambarkan cara berpikir seseorang dalam memecahkan masalah. Berpikir kreatif matematis merupakan suatu kemampuan dalam menghasilkan jawaban atau gagasan bervariasi dalam permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal materi geometri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal matematika materi geometri. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang peserta didik kelas VIII SMP N 06 Seulimeum. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan lembar tes sebagai instrumen utama yang dipandu oleh pedoman wawancara dan alat perekam. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tulis dan wawancara. Analisis data menggunakan triangulasi waktu, LTKBK B dilaksanakan setelah dua hari berselang pelaksanaan LTKBK A. Hasil penelitian ini adalah (1) Siswa laki-laki memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi, Siswa laki-laki mampu menyelesaikan soal matematika dengan memenuhi semua indikator namun siswa laki-laki mengalami kesulitan dalam memberikan banyak solusi jawaban. (2) Siswa perempuan memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi, siswa perempuan mampu menyelesaikan soal matematika pada indikator fluency, flexibility dan originality serta mampu memberikan banyak solusi jawaban, namun siswa perempuan mengalami kesulitan dalam proses penyelesaian masalah.

Published

2025-08-07