Indek Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja CSR PT Mifa Bersaudara Tahun 2024

Authors

  • Kaddhafi Al Munir Tengku PT Mifa Bersaudara

DOI:

https://doi.org/10.22373/jarow.v3i1.7648

Keywords:

Indek Kepuasan Masyarakat, Aceh Barat, Mifa Bersaudar

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility atau CSR) merupakan elemen yang sangat penting dan strategis dalam kegiatan perusahaan. Penting karena tanggung jawab sosial mencerminkan kewajiban perusahaan terhadap lingkungan sekitar dan masyarakat. Strategis karena tanggung jawab sosial adalah bagian integral dari operasional perusahaan. Agar perusahaan dapat hidup, tumbuh, dan berkembang dengan baik, dukungan dari masyarakat sangatlah penting. Masyarakat tidak hanya sebagai pengguna produk dan sumber daya manusia, tetapi juga sebagai mitra dalam keberhasilan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan kepentingan masyarakat  dan melestarikan lingkungan, tidak  hanya berfokus pada perolehan keuntungan semata.

References

Arikunto, S., 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi, Jakarta: Rineka Cipta.

Budi Untung, H, 2008. Corporate Social Responsibility, Jakarta: Sinar Grafika.

Burhan Bungin, M., 2011. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Edisi Kedua, Jakarta: Kencana.

Davis, K. 1960, Can business afford to ignore social responsibilities? California management review, 2 (3).

G. Narayana Reddy, 2002. Empowering Communities through Participatory Methods, New Delhi: Manak Publications.

Gond, J.P dan Moon, J. 2011, Corporate Social Responsibility in retrospect and prospect: Exploring the life-cycle of an essentially contested concept. ICCSR Research Paper Series 59.

J Kurniawan, L., Sukmana, O., Abdussalam, masduki, 2015. Negara Kesejahteraan dan Pelayanan Sosial Perspektif Kebijakan Sosial yang Memberikan Jaminan Perlindungan Warga Negara, (Malang: Intrans Publishing.

Margono, S., 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta.

Miles, Matthew B. and Huberman, A. Michael, 1994. Qualitative Data Analysis, Second Edition, (London: SAGE Publication.

Monika, E.R., dan Hartanti, D. 2008, Analisis hubungan value based management dengan Corporate Social Responsibility dalam iklim bisnis Indonesia (studi kasus perusahaan SWA 100 2006), Simposium nasional akuntasi XI.

Mulyadi, 2003. Pengelolan Program Corporate Social Responsibility: Pendekatan, Keberpihakan dan Keberlanjutannya. Center for Populaton Studies, UGM.

Nurdinai, N. Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan, ComTech Vol. 5 No. 2 Desember 2014

Our Common Future, 2007. Bruntland Report, United Nation

Pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat (PPM) dalam bingkai Corporate Social Responsibility (CSR) PT Mifa Bersaudara Tahun 2013, Annual Report PT Mifa Bersaudara Tahun 2013.

Profil Gampong Aceh Barat dan Nagan Raya, (ICSD-ABM); Lihat juga Nagan Raya dalam Angka 2013.

Radyati, M.R.N. 2014, Sustainable business dan Corporate Social Responsibility (CSR) Vol.1, CECT Universitas Trisakti.

San Ong, T., Teh, B. H., & Ang, Y. W., 2014. The impact of environmental improvements on the financial performance of leading companies listed in Bursa Malaysia, International Journal of Trade, Economics and Finance, 2014, 5, p.386-391. doi:10.7763/IJTEF.V5.403.

Sarwono, J, 2011. Mixed Methods, Jakarta: Gramedia.

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Sukada, S., Wibowo, P., Ginano, K., Jalal, K.I., dan Rahman, T. 2007, CSR for better life: Indonesia context. Membumi bisnis berkelanjutan, memahami konsep dan praktik tanggungjawab sosial perusahaan, Jakarta : Yayaysan Indonesia Bussiness Links.

Sulfan, A dan Mahmud, 2018. Konsep Masyarakat Menurut Murtadha Muthahhari (Sebuah Kajian Filsafat Sosial), Jurnal Aqidah-Ta Vol. IV No. 2.

Susanto, A.B. 2007, A Strategic Management Approach, CSR. Jakarta: The Jakarta Consulting Group.

Umar, H., 2002. Metode Riset Komunikasi Organisasi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, F dan Chandra, G. 2005. Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta: Andi Offset

Wibisono, Y, 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR, Gresik: Fascho Publishing.

Perundangan dan Peraturan

Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Penanganan Fakir Miskin.

Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2014 tentang Panas Bumi.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh.

Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Permen ESDM No. 41 tahun 2016 Tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Pergub Aceh Nomor 65 tahun 2016 Tentang Pedoman Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Di Aceh.

Qanun Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Nomor 12 Tahun 2002 Tentang Pertambangan Umum, Minyak Bumi dan Gas Alam.

Qanun Aceh Nomor 15 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batubara.

Qanun Aceh Nomor 15 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Qanun Aceh Nomor 15 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batubara.

Peraturan Gubernur Aceh Nomor 65 Tahun 2016 Tentang Pedoman Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Di Aceh.

Qanun Kabupaten Aceh Barat Nomor 10 Tahun 2015 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

Peraturan Bupati Aceh Barat No. 26 Tahun 2014 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

Dokumen

Annual Report Corporate Social Responsibility (CSR) Program Pengembangan Masyarakat PT Mifa Bersaudara Tahun 2020.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Barat, Kecamatan Meureubo Dalam Angka 2021, Aceh Barat: BPS Aceh Barat.

Laporan Pelaksanaan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Triwulan I 2019.

Laporan Stakeholder Re-Mapping PT Mifa Bersaudara Kab. Aceh Barat Dan Nagan Raya, PT Insan Cipta Sulu Dunia, 2020.

Laporan Stakeholder Re-Mapping PT Mifa Berusaudara 2020.

Media dan Internet

Abraham S Fichler, Mixed Methods, dapat di akses http://www.fischlerschool.nova.edu/resources/uploads/app/35/files/arc_doc/mixed_methods.pdf

Alison Doyle, What is Semi-Structured Interview, di dalam https://www.thebalancecareers.com/what-is-a-semi-structerd-interview-2061632

Creswell, Research Design, di dalam Creswell-Cap-10.pdf (ceil-conicet.gov.ar).

Cross Tabulation Analysis Explained di dalam www.surveyking.com/help/cross-tabulation-analysis.

Empat Bentuk Model Corporate Social Responsibility – Perspektif (wordpress.com).

How to Conduct a Focus Group Discussion, di dalam https://www.swisstph.ch/fileadmin/user_upload/SwissTPH/Topics/Society_and_Health/Focus_Group_Discussion_Manual_van_Eeuwijk_Angehrn_Swiss_TPH_2017.pdf.

ISO 26000 Guidance on Social Responsibility, First Edition, Switerland 2010, p.3

Jumlah Penduduk Kabupaten Aceh Barat, dalam: https://acehbaratkab.bps.go.id/indicator/12/255/1/jumlah-penduduk-kabupaten-aceh-barat.html.

Jon Weller, The Complete Guide to Gap Analysis, di dalam https://www.smartsheet.com/gap-analysis-method-examples.

Judith Schoonenboom and R. Burke Johnson, How to Construct a Mixed Methods Research Design (nih.gov).

Michael Quinn Patton, Enhancing the Quality and Credibility of Qualitative Analysis di dalam https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10591279/.

Nancy Carter, et.al., The Use of Triangulation in Qualitative Research di dalam https://onf.ons.org/onf/41/5/use-triangulation-qualitative-research.

Our Common Future, Bruntland Report 2007, United Nation

Patricia Farrugia, Research questions, hypotheses and objectives, di dalam

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2912019/.

Penghargaan, dalam: https://www.mifacoal.co.id/id-id/TENTANG-KAMI/Penghargaan.

Sifat Kepemimpinan, dalam: https://www.mifacoal.co.id/id-id/TENTANG-KAMI/Sifat-kepemimpinan.

SROI Analysis: Stage 5 Calculating SROI di dalam https://artemis.im/sroi-analysis-stage-5-calculating-sroi/.

Understanding Purposive Sampling di dalam Purposive Sampling Definition and Types (thoughtco.com).

Visi-misi PT Mifa Bersaudara, dalam: https://www.mifacoal.co.id/id-id/TENTANG-KAMI/Visi-Misi.

Waheed Solagbade Oladeji, et.al., Corporate Governance Indicators and Their Effects on Firms’ Value, International Journal of Research and Innovation in Social Science (URISS), Volume VIII, Augut 2019.

What Is Customer Satisfaction? Di dalam https://asq.org/quality-resources/customer-satisfaction#:~:text=Customer%20satisfaction%20is%20defined%20as%20a%20measurement%20that,best%20improve%20or%20changes%20its%20products%20and%20services

What is Dept Interview? Di dalam Depth Interview Definition | Marketing Dictionary | MBA Skool-Study.Learn.Share

What is evaluative research? di dalam Evaluative Research: Definition, Methods & Types (maze.co).

Yaniv Vardi, Reduce Environmental Impact: How to Develop a Corporate Sustainability Program, di dalam https://www.business.com/articles/how-to-develop-a-corporate-sustainability-program/

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Tengku, K. A. M. (2025). Indek Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja CSR PT Mifa Bersaudara Tahun 2024. JAROW: Journal of Ar-Raniry on Social Work, 3(1), 17–44. https://doi.org/10.22373/jarow.v3i1.7648