MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM LAYANAN INFORMASI PERPUSTAKAAN: ANALISIS KONSEPTUAL

Authors

  • Syukrinur A. Gani

Keywords:

Komunikasi Efektif, Layanan informasi, Komunikasi

Abstract

Tulisan ini mengkaji Komunikasi Efektif Dalam Layanan Informasi Perpustakaan. Permasalahan difokuskan pada bagaimana membangun komunikasi efektif dalam layanan informasi perpustakaan. Dalam menjawab permasalahan, kajian ini menelaah dan merujuk   literatur, baik berupa buku atau tulisan yang berkaitan dengan permasalahan yakni komunikasi efektif dalam layanan informasi perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Hasil penelitian menujukkan bahwa komunikasi dikatakan efektif jika seorang komunikator berhasil menyampaikan pesan kepada komunikan sesuai dengan apa yang dimaksud oleh komunikator tersebut. Makna yang ditangkap komunikan sebanding/setara dengan makna yang dimaksud komunikator. Dalam konteks layanan informasi perpustakaan, untuk membangun komunikasi yang efektif, seorang pustakawan menjalankan beberapa tindakan yang mengundang respon pemustaka yakni menghormati sasaran komunikasi, menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi orang lain, menyampaikan pesan secara jelas, bersifat rendah hati dan mendengarkan orang lain. Komunikasi efektif ditandai dengan adanya pengertian dan pemahaman, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tindakan.

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

A. Gani, S. (2025). MEMBANGUN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM LAYANAN INFORMASI PERPUSTAKAAN: ANALISIS KONSEPTUAL. Indonesian Journal of Library and Information Science, 6(1), 63–70. Retrieved from https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/ijlis/article/view/7987