Penerapan Model Kooperatif Tipe Jidsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hormat Kepada Orang Tua dan Guru di SMK Negeri 1 Aceh Barat Daya
Keywords:
Jigsaw, hasil belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
enelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Hormat kepada Orang Tua dan Guru melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMKN 1 Aceh Barat Daya pada tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar pada setiap akhir siklus. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada kondisi awal, nilai rata-rata siswa hanya 58,4 dengan ketuntasan belajar 18%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 73,6 dengan ketuntasan 76%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 86,9 dengan ketuntasan 100%. Peningkatan juga terjadi pada aspek motivasi belajar, dari kategori tinggi pada siklus I menjadi kategori amat tinggi pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMKN 1 Aceh Barat Daya pada materi Hormat kepada Orang Tua dan Guru. Selain itu, model Jigsaw juga mampu menumbuhkan sikap kerjasama, tanggung jawab, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran