Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw

Authors

  • Rika Yunasari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Aiyub Aiyub

Keywords:

Penerapan Model Ajar, Literasi Numerasi

Abstract

Literasi numerasi adalah kemampuan untuk menggunakan angka, simbol matematika dasar, serta menganalisis informasi dalam bentuk grafik, tabel, atau bagan untuk memecahkan masalah praktis dan mengambil keputusan berdasarkan hasil analisis tersebut. Namum, berdasarkan nilai AKM pada SMP 4 Kluet Utara, menunjukkan bahwa literasi numerasi siswa masih berada pada katagori sedang. Oleh sebab itu diperlukan pembelajaran yang menarik untuk memberikan semangat kepada siswa. Model kooperatif tipe jigsaw, dirancang untuk memudahkan guru dalam pembelajaran, dapat mengembangkan ide, menuntut siswa untuk memahami materi secara individu maupun kelompok serta kemampuan kerjasama antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan literasi numerasi pada siswa SMP/MTs yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari  pada kemampuan literasi numerasi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kluet Utara, penentuan sampel penelitian ini menggunakan tenik random sampling dengan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-1 sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dibandingkan kemampuan literasi numerasi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini model kooperatif tipe jigsaw dapat dipertimbangkan, dilaksanakan sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi.

References

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discoverylearning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, 2(1).

Anitra, R. (2021). Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8.

Djabba, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 48 Parepare. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2(1), 21-26.

Hakimah, E. N. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Khas Daerah Kediri Tahu Merek “POO” Pada Pengunjung Toko Pusat Oleh-Oleh Kota Kediri. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 1(1), 13-21.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Rapor Pendidikan Indonesia Kabupaten Aceh Selatan 2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2024, https://data.kemdikbud.go.id/publikasi/p/rapor-pendidikan-indonesia/rapor-pendidikan-indonesia-kab-aceh-selatan-2024

Marhaeni, A. P., & Thohir, M. A. (2022). Kendala peningkatan kemampuan literasi numerasi berbasis permainan tradisional di SDN Plosokerep 2 Blitar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 9(1), 57-65.

Nomor, R., Wenas, J. R., & Pangemanan, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Spldv. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(4), 50-58.

Nomor, R., Wenas, J. R., & Pangemanan, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Spldv. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(4), 50-58.

Saputri, L. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 13-18.

Saputri, L. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 13-18.

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386-397.

Sugiyono Prof, D. (2011). prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro (PDFDrive). pdf. Bandung Alf, 143.

Supriyadi, E. W. A., Suharto, S., &Hobri, H. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Nctm (National Council Teachers of Mathematics) siswa Smk Kelas Xi Jurusan Multimedia Pada Pokok Bahasan Hubungan Antar Garis. Kadikma, 8(1), 128-136.

Widarsa, K. T., Astuti, P. A. S., & Kurniasari, N. M. D. (2022). Metode sampling penelitian kedokteran dan kesehatan. Baswara Press.

Downloads

Published

2025-09-24