ANALISIS PERSEPSI NASABAH TERHADAP STRATEGI PEMASARAN BANK ACEH SYARIAH DI KOTA BANDA ACEH

  • Dea Vona Dimitha Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Azharsyah Ibrahim Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Israk Ahmadsyah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Keywords: Persepsi Nasabah, Strategi Pemasaran, Bank Aceh Syariah

Abstract

Bank Aceh Syariah (BAS) merupakan perbankan syariah di Aceh yang memerlukan strategi pemasaran khusus untuk meyakinkan masyarakat tentang perubahan menjadi bank syariah, karena pemahaman masyarakat masih belum terlepas dari riba yang membelit ketika berkaitan dengan bank. Strategi komunikasi yang baik akan menghasilkan kepercayaan masyarakat tentang segala aturan Bank Aceh yang telah sesuai dengan aturan Islam. Dalam penelitian ini penulis ingin menjawab permasalahan sebagai berikut: pertama bagaimanakah persepsi nasabah terhadap strategi pengembangan produk di BAS, kedua bagaimanakah persepsi nasabah terhadap strategi penentuan harga di BAS, ketiga bagaimanakah persepsi nasabah terhadap strategi lokasi di BAS, dan keempat bagaimanakah persepsi nasabah terhadap strategi promosi di BAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan ex post facto dan survey dengan jenis penelitian deskriptif verifikatif. Objek penelitian yaitu Nasabah BAS di Banda Aceh. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan kuesioner pada responden secara langsung maupun melalui perantara via link google form (online), responden diminta memberikan jawaban berupa kuesioner tertutup. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif yang menjelaskan analisis dengan sumber data primer serta sekunder.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 4 (empat) variabel persepsi terhadap produk dengan nilai jawaban rata-rata 4,08 atau 81,6%, penentuan harga (rata-rata 4,01 atau 80,2%), promosi (4,05 atau 81,1%), dan paling dominan dalam mempengaruhi persepsi nasabah pada variabel tempat dengan rata-rata 4,09 atau 81,8%, masuk kedalam skala SB (Sangat Baik). Sedangkan variabel strategi Komunikasi Pemasaran dengan nilai jawaban rata-rata 3,03 atau 78,7%, merupakan variabel yang nilainya paling rendah, dan masuk kedalam skala B (Baik). Variabel terendah ini diduga dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu kepribadian nasabah PT. BAS di Banda Aceh, pengetahuan, suasana hati nasabah dan perubahan lingkungan sekitar.

Published
2021-06-30