RELIGIUSITAS SEBAGAI MODERASI DALAM PENGARUH LABEL HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH

Authors

  • Zahruddin Fanani Institut Teknologi Dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Ika Purwanti Institut Teknologi Dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamogan, Indonesia

Keywords:

Label Halal, Kualitas Produk, Religiusitas, Keputusan Pembelian, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Muslim Generasi Z di Kabupaten Lamongan, serta menguji peran religiusitas sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk kosmetik Wardah di Kabupaten Lamongan, dengan sampel berjumlah 96 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online berbasis skala Likert dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, religiusitas, baik sebagai variabel independen maupun sebagai moderasi dalam hubungan antara label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi produsen kosmetik, khususnya Wardah, untuk fokus pada peningkatan kualitas produk dalam menarik minat konsumen. Keberadaan label halal tetap relevan sebagai elemen pendukung, tetapi tidak cukup kuat untuk mendorong keputusan pembelian, terutama di kalangan Generasi Z.

Downloads

Published

2025-04-11