PENERAPAN MODEL TAM PADA BANK DIGITAL JAGO SYARIAH

Authors

  • Windy Kartika Sari Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Tasnim Nikmatullah Realita Universitas Wisnuwardhana
  • Ibnu Muttaqin Institut Agama Islam Negeri Kudus

Keywords:

Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Syariah, Bank Jago Syariah.

Abstract

Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan fitur layanan syariah terhadap minat penggunaan melalui sikap pada  layanan digital bank jago syariah. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. menggunakan teknik accidental sampling, dalam pengambilan sampel. Dalam penelitian ini pengelohan data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan metode partial square menggunakan program PLS dengan tahapan uji outer model, uji inner model dan uji hipotesis menggunakan software Smart-PLS versi 4.0.1.9. hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan fitur layanan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap penggunaan layanan digital Bank Jago Syariah, juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melalui sikap sebagai variabel mediasi, serta sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan layanan digital Bank Jago Syariah. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diimplikasikan untuk mengacu pada upaya optimalisasi terhadap penggunaan suatu teknologi baru. Dan hal tersebut dapat tercapai dengan selalu meningkatkan kualitas kegunaan serta fiturnya pada layanan digital.

Downloads

Published

2025-04-15