PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PEMAHAMAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG PADA BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY)

Authors

  • Ismail Rasyid Ridla Tarigan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Fajri Rahmi
  • Israk Ahmadsyah

DOI:

https://doi.org/10.22373/jose.v4i2.2670

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan salah satu unsur penilaian konsumen/nasabah terhadap perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Pelayanan yang berkualitas dapat diwujudkan dengan sikap yang jujur, melayani dengan rendah hati dan tidak meremehkan konsumen, dalam pelayanan menggunakan pedoman Islam. Dari segi pemahaman produk mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry dengan latar belakang pendidikan yang sama mempunyai pemahaman yang sama mengenai Bank Syariah, faktanya pemahaman mahasiswa banyak yang mengetahui. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan pemahaman produk terhadap minat menabung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, penyebaran kuesioner dilakukan terhadap 100 responden yang sebelumnya ditentukan dengan teknik purposive sampling. Dalam membuktikan dan menganalisis data, maka digunakan Uji validitas, reliabilitas, Uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji F(simultan) dan uji T (Parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel kualitas pelayanan dan pemahaman produk secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry pada Bank Syariah Indonesia karena memiliki nilai signifikan 0,000< 0,05. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahwa nilai R2 (R square) sebesar 0,703 yang berarti 70,3%. Hal ini menunjukkan bahwa minat menabung mahasiswa FEBI pada Bank Syariah Indonesia dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan dan pemahaman produk .

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pemahaman Produk, Minat Menabung

Downloads

Published

2023-11-15