PENGARUH BAURAN PEMASARAN ISLAM (4P) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MANGROVE CORPORATION (UMMILOVELY)
DOI:
https://doi.org/10.22373/jose.v4i1.2517Keywords:
Bauran Pemasaran Islam, Kepuasan konsumen , Loyalitas konsumen, PLS-SEMAbstract
Berdasarkan data PBS, ITB Indonesia mengalami fluktuasi yang disebabkan oleh beberapa faktor. Disamping itu, pemasaran konvensional tidak memiliki batasan atau pedoman dalam menjalani kegiatan perekonomian. Hal tersebut dapat menyebabkan banyak permasalahan. Dengan demikian integrasi bauran pemasaran yang Islami dapat menjadi alternatif dalam memecahkan permasalahan tersebut. Permasalahannya adalah bauran pemasaran islam hanya sekedar teoritis dan belum ada bukti empiris. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran pemasaran Islam terhadap loyalitas konsumen, dengan objek penelitian di Ummilovely. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan PLS-SEM dengan varibel dependen (bauran pemasaran Islam 4p), dan variabel independen (kepuasan dan loyalitas). Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner sebagai data primer, dengan sempel sebanyak 60 responden. Dari hasil pengujian, didapat pemasaran Islam memiliki pengaruh yang postif terhadap loyalitas konsumen. Akan tetapi, hanya bauran tempat, dan kepuasan yang memiliki relevansi secara segnifikan terhadap loyalitas konsumen. Dengan ini, peneliti berharap penelitian ini menjadi masukan bagi perusahaan untuk meningkatkan produk yang ada dengan memperbanyak variasi produk, dengan harga yang sesuai. Selain itu, dalam hal promosi disarankan kepada perusahaan untuk lebih gencar lagi dalam mempromosikan produk yang dihasilkan.