Dakwah Era Digital: Ajakan Al-Quran untuk Antisipasi Pengaruh Negatif Media Sosial TikTok
Indonesia
Keywords:
Dakwah, Digital, Al-Quran, Media Sosial, TikTokAbstract
Era digital membawa perubahan mendasar dalam kehidupan umat manusia. Kehadiran media sosial, terutama TikTok, telah mengubah perilaku masyarakat dalam interaksi antarsesama. Unggahan konten-konten video di TikTok memiliki daya tarik tersendiri bagi penduduk Indonesia. Data menunjukkan bahwa penduduk Indonesia adalah pengguna TikTok terbesar di dunia, mengalahkan Amerika Serikat dan Brazil. Artikel ini memfokuskan kajian pada kekuatan dakwah melalui media sosial TikTok dan korelasinya dengan ayat-ayat Al-Quran tentang amar makruf dan nahyi munkar. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif, disajikan secara deskriptif serta menjadikan ayat-ayat Al-Quran sebagai landasan dalam melakukan analisis. Hasil kajian menunjukkan bahwa media sosial TikTok memiliki pengaruh signifikan dalam penyebaran informasi dan efektif dalam memengaruhi audien. Penyampaian pesan melalui rekaman video yang disertai narasi atau orasi memiliki daya pikat tersendiri yang berbeda dari media lain. Islam tidak menolak kemajuan teknologi. Justru Islam mendorong umatnya untuk beradaptasi sesuai kemajuan zaman. Menyebarkan pesan dakwah melalui media sosial tidak bertentangan dengan norma Islam. Agama Islam memosisikan setiap muslim/muslimah adalah juru dakwah. Al-Quran menekankan tiga aspek materi (konten) dakwah yang perlu disebarluaskan kepada publik untuk mengimbangi mereka dari pengaruh negatif keberadaan media sosial, yaitu aqidah, ibadah dan akhlak.
References
Ahmad Aly Syukran Aziz Al-Mubarak, “Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam terhadap Anak di Pondok Pesantren”, Al-Ta`dib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, IAIN Mojoekerto, Vol.12, No.2, 2019.
Aryo Putranto Saptohutomo, MUI Minta Pemerintah Segera Atur Pembatasan Medsos bagi Anak, www.kompas.com, edisi 20 Desember 2024.
Angelista Putri Siaman, Kamu Pengguna TikTok, Yuk Lihat Dampak Penggunanya, www.kumparan.com, edisi 27 Oktober 2020.
Annisa Ismi R, Apa Itu Tiktok, Fitur, dan Cara Penggunaan-nya!, https://socialmediamarketer.id, edisi 27 Februari 2022.
A. Rafiq, “Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat, Jurnal Global Komunikasi, Vol.1, No.1, 2020.
BPS RI, Religion in Indonesia, 2024, https://samarindakota.bps.go.id, edisi 17 Mei 2024.
----------, Jumlah Penduduk Pertengahan Tahun (Ribu Jiwa) 2022-2024, www.bps.go.id, edisi 28 Juni 2024
CNN Indonesia, Usia Pengguna Medsos Indonesia Bakal Dibatasi, Aturan Masih Digodok, www.cnnindonesia.com, edisi 18 Desember 2024
Hadi, Sofyan. "Efektivitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar." Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar, 2017.
Hannah Ritchie, Australia Approves Social Media Ban on under-16s, www.bbc.com, edisi 29 Nopember 2024.
Hardian, 10 Dampak Buruk TikTok Terhadap Remaja, https://informatika.almaata.ac.id, edisi 22 Januari 2024, diakses 01 Januari 2025.
Ibnu Kastir, Tafsir Ibnu Katsir, http://www.ibnukatsironline.com.
Ichdar Ifan, Gara-Gara Video Viral Joget di TikTok, Guru di Aceh Selatan Diperkosa dan Diperas, https://aceh.inews.id, edisi 11 Oktober 2024.
Indri, TikTokers Wajib Tahu! Ternyata Begini Cara Kerja Algoritma Rahasia TikTok, https://urbandigital.id, edisi 08/12/2021.
Ilmi Zadah Faidhullah, Fathul Rahman, (Bandung: Diponogoro, 2017).
Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin As-Suyuthi, Tafsir Jalalain, (Jakarta: Ummul Qura, 2017).
Karina Listi dkk, “Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah”, (Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2018).
M. Qurasih Shihab, Tafsir Al-Misbah, (Tangerang, Lentera Hati, 2005).
Sehat Ihsan Sadikin dkk, Azwarfajri (Editor), Kajian Islam: Metode dan Isu-isu Kontemporer, (Banda Aceh, Ar-Raniry Press: 2022).
Sofyan Hadi, “Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Prosiding Tep Pds, Tema. 1, No. 15, Bulan Mei 2017.
Yuni Afriani, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi atau Pembelajaran Digital”, Jurnal JISAMAR, Vol. 5. No.4. November 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hasan Basri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.