URGENSI ILMU KOMUNIKASI ISLAM DALAM MENGHADAPI DAMPAK KEMAJUAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Keywords:
Urgensi, Komunikasi Islam, Revolusi IndustriAbstract
Artikel ini merupakan hasil kajian kepustakaan terhadap peran penting komunikasi Islam menghadapi dampak kemajuan revolusi industri 4.0. Data primer dan sekunder diperoleh dari buku-buku dan artikel jurnal yang ditulis para pakar dalam bidangnya yang selanjutnya dibahas secara seksama terkait fokus yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peradaban yang muncul dari revolusi industri 4.0 telah menggiring manusia pada tataran hidup serba cepat dan beresiko tinggi. Manusia seperti kehilangan identitas kemanusiaan dan spiritualitasnya ketika berhadapan dengan tempo kerja teknologi era ini. Sebagai suatu disiplin ilmu yang sangat terkait dengan fenomena ini, komunikasi Islam menjadi alternatif penting dalam rangka menyelamatkan manusia dari proses dehumanisasi dan despiritualisasi.
References
Ahmad Ghulusy. ad-Da’watul Islamiyah. Kairo: Darul Kijab.1987.
Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2011.
Harjani Hefni, Dr. Lc., MA. Komunikasi Islam. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. 2015.
Khilman Rofi Azmi. “Model Dakwah Milenial untuk Homoseksual Melalui Teknik Kontinum Konseling Berbasis Alquran”. Dalam Al-Balagh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi. Vol. 4. No. 1. Januari–Juni 2019.
Kun Wazis. “Komunikasi Islam Sebagai Komunikasi Tiga Dimensi”. Dalam Jurnal Al-‘Adalah. Volume 19 Nomor 1. Mei 2016.
Littlejohn, Stephen W. Theories Of Human Communication. New Mexico: Wadsworth Publishing Company. 1999.
Mardelis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara. 2004.
Morissan. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Cetakan Ke-2. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014.
Rini Fitria dan Rafinita Aditia. “Urgensi Komunikasi Dakwah Di Era Revolusi Industri 4.0”. Dalam Jurnal Dawuh. Vol. 1. Maret 2020.