PERENCANAAN DISASTER RECOVERY BERBASIS CLOUD PADA WEB JURNAL UIN AR-RANIRY

Authors

  • Fillahi Akbar Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry
  • Ima Dwitawati
  • Daffaul Aisar
  • Venita Ananda
  • Annisa Rachmah
  • Juwina Mustaqfirah
  • Ghufran Ibnu Yasa
  • Yohan Kristian Putrafame Telaumbanua

DOI:

https://doi.org/10.22373/jintech.v5i1.5505

Keywords:

PERENCANAAN, DISASTER RECOVERY, recovery point objective

Abstract

Era informasi saat ini telah menjadikan sistem teknologi sebagai landasan utama operasional organisasi. Dalam konteks ini, urgensi rencana Disaster Recovery (DR) menjadi suatu keharusan mutlak. DR adalah proses antisipasi dan penanganan bencana terkait teknologi oleh organisasi. Penelitian ini merupakan perencanaan Disaster Recovery berbasis Cloud dengan menggunakan Amazon Web Service (AWS) pada web Jurnal Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UIN Ar-Raniry). Metode yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif. Peneliti mengumpulkan informasi umum, informasi teknis, dan informasi tentang list server dari web jurnal UIN Ar-Raniry. Hasil penelitian ini menggambarkan perencanaan  Disaster Recovery menggunakan AWS yang dapat melindungi sistem web jurnal UIN Ar-Raniry dan lingkungannya, juga mengantisipasi serta memprediksi kemungkinan terjadinya bencana. Rencana DR ini memiliki Recovery Time Objective (RTO) sekitar 5 menit dan Recovery Point Objective (RPO) sekitar 1 jam. Tujuannya adalah untuk memastikan kelancaran operasional dan keamanan informasi ketika terjadi bencana maupun insiden.

References

Sudarman, D. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitianuntuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mallick, M. A. I., & Nath, R. Navigating the Cyber security Landscape:
A Comprehensive Review of Cyber-Attacks, Emerging Trends, and Recent Developments.

Kennedy, C. G., Okokpujie, K., Noma-Osaghae, E., Bhandari, K. S., & Kalibbala, J. M. (2021, June). On Information Technology Disaster Recovery and Its Relevance to Business Continuity. In International conference on smart computing and cyber security: strategic foresight, security challenges and innovation (pp. 90-99). Singapore: Springer Nature Singapore.

Erfourth, D. K. (2020). Information Technology Disaster Recovery Planning by Florida Nonprofit Organizations (Doctoral dissertation, Walden University).

“Apa itu Pemulihan Bencana?,” amazon web service, 2023. [Online]. Available: https://aws.amazon.com/id/what-is/disaster-recovery/. [Accessed: 22-Mar-2024].

Downloads

Published

2024-08-23

Issue

Section

Articles