Perancangan Game Interaktif Mengenal Covid-19 Menggunakan Mit App Inventor
DOI:
https://doi.org/10.22373/jintech.v4i1.2374Keywords:
game edukasi, interaktif, app inventor, androidAbstract
Tujuan perancangan game edukasi cegah covid-19 diharapkan game ini memberikan gambaran untuk pemain game bahwa coronavirus sangat berbahaya maka dengan game ini dapat untuk mematuhi protocol Kesehatan. Bagi anak-anak bermain game bukan hanya sekedar hiburan tetapi bisa juga menjadi sarana edukasi tentang covid-19. Berbeda dengan game kebanyakan, yang satu ini mengajak pemainnya untuk belajar tentang covid-19. Tentunya permainan ini akan membantu anak atau siswa untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan siswa dapat belajar tentang pandemi covid-19. Terkait pandemi, pengguna masih bisa mempelajari Covid-19 sambil memainkan game yang memiliki versi Android.
References
Basrul, Hazrullah, H., & Azlina, N. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Pengantar Multimedia Menggunakan App Inventor Berbasis Android. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 5(2), 155.
Efendi, Y. (2018). Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor. Jurnal Intra-Tech, 2(1), 39–48.
Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). ANALISA DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR UNTUK ANAK USIA DINI. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959
Hasan, M. A., Nasution, N., & Setiawan, D. (2017). Game Bola Tangkis Berbasis Android Menggunakan App Inventor. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 160–169. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v8i2.641
Hasanah, M., Hazrullah, & Basrul. (2022). Perancangan Media Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 6(2), 145–153. https://doi.org/10.22373/crc.v5i2.9558
Hikam, A. R., Kariada, N., & Santosa, K. (2013). Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Berbasis Pembangunan Karakter Pada Materi Pelestarian Lingkungan. Unnes.J.Biol.Educ, 2(2), 147–155.
Khansa, M. L., & Sulisworo, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Siswa Homeschooling. Prosiding Seminar Pendidikan Fisika, Fisika, Dan Aplikasinya, 117–122.
Naimah, J., Winarni, D. S., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 91–100.
Negara, H. R. P., Syaharuddin, Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42–45.
Parlika, R., ‘Azizah, L., Cahyo Nugroho, A., Anugrah Putri, D., & Frangky Handono, S. (2018). GAME LEARNING FISIKA “ASAH OTAK” BERBASIS ANDROID DENGAN APP INVENTOR 2. E-NARODROID, 4(2), 25–34. https://doi.org/10.31090/narodroid.v4i2.731
Parlika, R., Anggun Permatasar, O. i, Taufiq Yufananda, R., Rizward Hikmah Utomo, D., Zayyan Ramadhan, M., & Rachmad, I. (2018). Pembuatan Game Edukatif Menggunakan App Inventor Dengan Tema Mata Pelajaran Kimia. E-NARODROID, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.31090/narodroid.v4i2.729
Putri, A. P., Heleni, S., & Murni, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 234–247.
Rokhman, N., & Ahmadi, F. (2020). Pengembangan Game Edukasi si Gelis Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa. Edukasi, 14(2), 166–175. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i2.27477
Sari, K. W., Saputro, S., & Hastuti, B. (2014). Pengembangan Game Edukasi Kimia Berbasis Role Playing Game (Rpg) Pada Materi Struktur Atom Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Untuk Siswa Kelas X Sma Di Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(2), 96–104.
Surbakti, A. R. U., & Abe, N. (2020). Application Of App Inventor Website In Android-Based Physics Learning. Journal Of Learning And Technology In Physics, 1(2), 37–42.
Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning pada Platform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 5(1), 800–809.
Tiku Ali, J., & Patombongi, A. (2016). PERANCANGAN GAME EDUKASI PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS ANDROID. Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.51876/simtek.v1i1.1
Wihidayat, E. S., & Maryono, D. (2017). Pengembangan Aplikasi Android Menggunakan Integrated Development Environment (Ide) App Inventor 2. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1), 1–12.