Lightening The Learning Climate Sebagai Upaya Mewujudkan Pembelajaran yang Menyenangkan Bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry pada Mata Kuliah Bahasa Inggris dengan Menggunakan Aplikasi Zoom

  • Zubaidah Zubaidah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Rahmad Syah Putra Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Fithriani Gade Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Keywords: Lightening the Learning Climate, Bahasa Inggris, Mahasiswa, Ilmu Perpustakaan, dan Zoom

Abstract

Untuk mewujudkan suasana akademik yang sehat pada Perguruan Tinggi, salah satu yang paling penting ialah dengan menghidupkan suasana belajar (Linghtening the Learning Climate) yang baik. Melalui suasana belajar (Linghtening the Learning Climate) baik diharapkan mahasiswa akan memperoleh pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan. Penelitian ini adalah kualitatif. Adapun lokasi penelitian dilakukan pada mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, dengan durasi waktu selama 3 (tiga) bulan. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen Bahasa Inggris menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dengan bersikap intelek, ramah, dan bersahabat kepada mahasiswa dengan tetap memperhatikan aspek-aspek normatif yang berlaku, dosen selalu memahami karakter mahasiswa, merumuskan model perkuliahan, metode perkuliahan, strategi perkuliahan, dan sumber belajar bersama-sama mahasiswa di pertemuan pertama perkuliahan. Dosen menciptakan pembelajaran yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan potensi diri, potensi intelektual, potensi moral, dan potensi sosial, dengan penggunakan teknologi sebagai salah satu sumber belajar dan sarana pendukung pembelajaran. Pembelajaran yang berpusat kepada mahasiswa (student center), dan dikolaborasikan dengan teknologi dan aplikasi zoom meeting sebagai sarana pendukung dan salah satu sumber belajar selama Covid 19, penggunaan aplikasi zoom merupakan pilihan yang tepat bagi dosen untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman, menyenangkan, dan berkemajuan. Sehingga, mahasiswa tidak ada kendala dalam melakukan pembelajaran Bahasa Inggris selama Covid 19, bahkan meraka mampu memahami dengan melakukan pembelajaran model audio visual dalam melakukan pembelajaran daring melalui zoom meeting. Hanya saja dosen dan mahasiswa membutuhkan kepandaian dalam mengaplikasikan aplikasi ini, dan memastikan jaringan dengan baik agar dapat terlaksana pembelajaran sebagaimana mestinya.

Published
2020-07-13
Section
Articles