UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI IDE POKOK ATAU GAGASAN TIAP PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN KONSTEKTUAL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 PENANGGALAN KOTA SUBULUSSALAM

Main Article Content

Netty Tumanggor

Abstract

Abstract


This study aims to improve student learning outcomes towards Indonesian language lessons, especially in the subject matter or ideas of each paragraph. This research is a classroom action research (CAR) consisting of two cycles, each cycle consisting of three times face to face or meetings and each meeting consists of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. Measurement of results or tests carried out at the third meeting in each cycle. The subjects of this study were 23 students in grade VI of SD Negeri 1 Penanggalan Kota Subulussalam. This research was conducted in odd semester (I) of the 2019/2020 school year. Data analysis uses comparative descriptive analysis techniques by comparing initial conditions with the results achieved in each cycle, and qualitative descriptive analysis of observations by comparing observations and reflections in the second cycle of the second cycle. From the results of observations and tests the authors can draw the conclusion that by applying an interactive learning model can improve the learning outcomes of Grade VI students at SD Negeri 1 Subulussalam City in Indonesian subject matter, the main ideas or ideas of each paragraph, this can be seen from the results of student learning in each cycle an increase in students who can reach the KKM is the first cycle (one) 15 students (65%), in the second cycle (two) increased to 19 students (82%) of the total 23 students.


 


Keywords: Constitutional Approach, Learning Outcomes, Indonesian Language


 


Abstrak


Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam materi ide pokok atau gagasan tiap paragraf. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus,setiap siklus terdiri dari tiga kali tatap muka atau pertemuan dan setiap pertemuan terdiri  dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengukuran hasil atau tes dilakukan pada pertemuan ketiga di setiap siklus. Subyek penelitianini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Penanggalan Kota Subulussalam yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil (I) tahun pelajaran 2019/2020. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan  membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus satudansiklusdua. Dari hasil observasi dan tes penulis dapat  mengambil  kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran interatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Penanggalan Kota Subulussalam dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi ide pokok atau gagasan tiap paragraf,  ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan pada siswa yang dapat mencapai KKM  yaitu siklus I (satu) 15 siswa (65%), pada siklus II (dua) meningkat menjadi 19 siswa (82%) dari 23jumlah siswa keseluruhannya.


 


Kata Kunci :Pendekatan  Konstektual, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Article Details

Section
Articles