STRATEGI PUSTAKAWAN DALAM MEWUJUDKAN LAYANAN PRIMA DI PERPUSTAKAAN SMK MUHAMMADIYAH CANGKRINGAN
Abstract
Perpustakaan dilingkungan pendidikan memegang peranan penting sebagai pusat sumber belajar dan mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendalamkan pemahaman terhadap startegi pustakawan dalam mewujudkan layanan prima di Perpustakaan SMK Muhammadiyah Cangkringan. Melalui pendekatan kualitatif dan wawancara langsung dengan pustakawan berinisial P. Hasil dari penelitian ini mengidentifikasi strategi yang melibatkan optimalisasi kompetensi pustakawan, koordinasi dengan guru, analisis kepuasa pemustaka, dan optimalisasi sarana prasarana perpustakaan. Strategi pustakwan tidak hanya berfokus pada aspek teknis, melainkan juga memperhatikan interpersonal dan responsive terhadap kebutuhan pemustaka. Pengelolaan koleksi bukan sekedar penyediaan buku, tetapi juga respondibilitas terhadap perubahan kurikulum. Evaluasi kepuasan pemustaka menjadi instrument vital dalam meningkatkan kualitas layanna. Optimimalisasi sarana prasarana mencakup penciptaan lingkungan yang mendukung kreativitas dan kolaborasi.