Dampak Persaingan Ritel Modern Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Kota Banda Aceh: Analisis Review Alfamart dan Indomaret

Authors

  • isnaliana isna UIN AR-RANIRY
  • Abrar Amri Universitas Teuku Umar Meulaboh

Abstract

Menjamurnya bisnis ritel modern menjadi dilematika bagi kinerja dan keberlangsungan UMKM di kota Banda Aceh. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak persaingan ritel modern khsususnya Alfamart dan Indomaret terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan dengan sumber data sekunder. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari, mengumpulkan, dan menganalisis sumber data dari berbagai sumber baik itu dari media maupun karya ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan penurunan omset UMKM, hilangnya lapangan kerja, kemunduran ekonomi local, dan ketergantungan pada ritel modern merupakan dampak dari persaingan Alfamart dan Indomaret bagi kinerja dan keberlangsungan UMKM di  Kota Banda Aceh.

References

Agutina, I.F., & Octaviani, R. (2016). Analisis Dampak Sosial dan Ekonomi Kebijakan Pengembangan Kawasan Mixuse di Kecamatan Jabon, Electronic Jornal, 4(2), 155.

Alfarizi, M. (2023). Peran Sertifikasi Halal dan Kepatuhan Praktik Halal Terhadap Kinerja Bisnis Berkelanjutan: Investigasi Pemodelan Empiris Sektor UMKM Kuliner Nusantara. Harmoni, 22(1).

Bahauddin, M., & Setiawan, I. G. A. (2023). Dampak Pandemi terhadap Omset Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Analisis Review. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (EKOBIL), 2(3), 35–39.

Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Center for Academic. Publishing Service (CAPS).

Evi Sirait, Bagus Hari Sugiharto, Jenal Abidin, Nely Salu Padang, & Johni Eka Putra. (2024).

Peran UMKM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian di Indonesia. El Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7), 3816–3829.

Eppli, M., & Benjamin, J. (1994). The evolution of shopping center research: a review and analysis. Journal of Real Estate Research, 9(1), 5–32

Ismail, M. N. (2020). Pengaruh Minimarket Terhadap Perkembangan Usaha Mikro di Kota Parepare. SEIKO Journal of Management & Business, Volume 2, (2020), hlm 267-268.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Marketing Management. Essex: Pearson Education, Inc

Lubis, P. H,. Mubyarto, N & Syahrizal, A. (2023). Dampak Alfamart Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Di Kelurahan Paal Merah Kota Jambi. JURIMEA: Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi, Akuntansi, 3(1).

Marhaendradjaja, B. (2010). Dampak Keberadaan Ritel Modern (Minimarket) terhadap Ritel Tradisional (Toko Kelontong dan Warung) di DKI Jakarta. Tesis. Program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Miranti. (2019). Analisis Dampak Kehadiran Minimarket Terhadap Omset Pedagang Warung Kelontong di Jalan Manuruki Makassar. Program Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negerti Makassar.

Munthe, A., Yarham, M., & Siregar, R. (2023). Peranan UMKM terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 2(3), 593–614.

Muhzinat, Z., & Achiria, S. (2019). Dampak Keberadaan Minimarket terhadap Toko Kelontong di Pasar Klampis Kabupaten Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(2), 204–211.

Muhammad, Musdar, dkk. (2022). Pengaruh Kehadiran Toko Ritel (Alfamidi, Indomaret, dan Dua Sekawan) Terhadap Pendapatan Kios di Kota Ternate. Jurnal Literatus: Literature For Social Impact And Cultural Studies, 4(1), 198-202.

Permatasari, W. (2016). Pengaruh Persepsi tentang Minimarket terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Pedagang di Pasar Tradisional Ciputat Kota Tanggerang Selatan Provinsi Banten, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Purnomo, S. D., Serfiyani, C. Y., & Hariyani, I. (2013). Sukses Bisnis Ritel Modern. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Soemarwoto, Otto (1998). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Styner, J.P. (2013). Economic Impact of Tourism: A Handbook of Tourism Professionals. Chapter IV What are Multiplier Effect? Tourism Research Laboratory at the University of Illinois at Urbana-Champign.

Saputro, R. Nurhadi. (2021). Dampak Keberadaan Ritel Modern Terhadap Keberlangsungan Ritel Tradisional (Studi Kasus Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta). S2 Thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Tohri, A. Mastur, Habibuddin, Syamsiar. H, Parhanuddin, L. (2023). Dampak Sosial dan Ekonomi Ritel Modern (Alfamart dan Indomaret) Terhadap UMKM di Lombok Timur. Jurnal RESIPROKAL 5(1), 46-57.

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Penerbit Empat Salemba.

Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 170–186.

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

isna, isnaliana, & Abrar Amri. (2025). Dampak Persaingan Ritel Modern Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Kota Banda Aceh: Analisis Review Alfamart dan Indomaret. Jurnal Ilmiah Basis Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 17–33. Retrieved from https://journal.ar-raniry.ac.id/JIBES/article/view/6471