DETERMINAN KINERJA PEMASARAN INDUSTRI RUMAHAN DI KOTA BANDA ACEH

Authors

  • Marwiyati Marwiyati UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Amir Asnawi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Keywords:

Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran

Abstract

Industri rumah tangga dituntut untuk memiliki keterampilan dalam mengembangkan produk sehingga berdampak pada kinerja pemasaran sebagai cermin keberhasilan usaha dalam dunia persaingan usaha. Perusahaan yang berorientasi pasar akan mengikuti setiap perubahan yang terjadi di pasar sehingga mampu bersaing untuk memperoleh segmen pasar baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada industri rumah tangga di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dengan kuesioner kepada para pengusaha home industri di Kota Banda Aceh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar dan inovasi produk baik secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

 

 

 

 

References

Adijati, U. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen, 31(2).

Amalia, R.N, Annio I.L., & Rahmat, D.H. (2023). Pengaruh Islamic Market Orientation Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Umkm Muslim Di Panyabungan. Jurnal Masharif al-Syariah Ekonomi dan Perbankan Syariah. 8(1)

Erni, J., & Brillyanes, S. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran (Studi pada Kuliner Kafe Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Univеrsitas Brawijaya Malang. 1(54)

Fillanov, M. F., & Fitriani, L. K. (2023). Pengaruh orientasi kewirausahaan dan Orientasi Pasar Terhadap Kinera Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 4(2), 251-277.

Harini, S., Silaningsih, E., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh orientasi pasar, kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 67.

Haryono, T., & Marniyati, S. (2017). Pengaruh market orientation, inovasi produk, dan kualitas produk terhadap kinerja bisnis dalam menciptakan keunggulan bersaing. Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management), 17(2), 51-68.

Manahera, M. M., Moniharapon, S., & Tawas, H. N. (2018). Analisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan terhadap inovasi produk dan kinerja pemasaran (studi kasus UMKM Nasi Kuning di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Mandala, M. (2018). Teori Ekonomi Makro. Jakarta: LPFEUI

Munawar, S., Hermina, T., & Wijayanti, Y. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada Home Industri Pasirkiamis. Journal of Knowledge Management, 16(2), 52-59.

Putra, M., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Journal Manajemen Unud. 6(3).

Rahmasari, L. (2004). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Produk dan Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing serta Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada Industri Manufaktur di Semarang) (Doctoral dissertation, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro).

Yahya, R.W. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Batik di Kabupaten Jombang. Equilibrium, 5(1)

Yunita, D.P., & Bambang, B.S. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kripik Buah di Kota Batu. Jurnal Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2025-01-22

How to Cite

Marwiyati, M., & Amir Asnawi. (2025). DETERMINAN KINERJA PEMASARAN INDUSTRI RUMAHAN DI KOTA BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Basis Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 1–16. Retrieved from https://journal.ar-raniry.ac.id/JIBES/article/view/6315