Tinjauan Pengaruh Desain Ruang terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa: Studi Kasus Studio B Arsitektur USK

Authors

  • Ulfa Mazaya Universitas Syiah Kuala
  • Karima Adilla Universitas Syiah Kuala
  • Cut Fatin Najla Universitas Syiah Kuala
  • Fathin 'Afifah Universitas Syiah Kuala
  • Mau'idhah Hasanah Universitas Syiah Kuala
  • Nafila Rizki Fadhil Universitas Syiah Kuala
  • Muhammad Adil Rizqillah Universitas Syiah Kuala
  • Muhammad Rayyan Adlya Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.22373/jial.v3i1.7999

Keywords:

Studio arsitektur, lingkungan belajar, perilaku mahasiswa, arsitektur perilaku, produktivitas

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana elemen-elemen desain ruang Studio B di Departemen Arsitektur dan Perencanaan Universitas Syiah Kuala, memengaruhi perilaku belajar mahasiswa. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner. Hasil observasi menunjukkan bahwa elemen fisik seperti pencahayaan, penghawaan, dan penataan furnitur memainkan peran penting dalam menciptakan kenyamanan belajar. Temuan kuesioner mengindikasikan bahwa sebagian besar responden merasa cukup hingga sangat nyaman terhadap aspek pencahayaan, sirkulasi udara, dan penghawaan, yang berdampak positif terhadap produktivitas mereka. Sementara itu, sebagian besar mahasiswa cenderung memilih lokasi lain di luar Studio B untuk melanjutkan aktivitas belajar setelah perkuliahan, seperti studio lain, tempat tinggal, atau luar kampus. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun Studio B sudah ideal dalam mendukung proses belajar, masih terdapat ruang untuk peningkatan preferensi penggunaan ruang. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi wawasan terhadap pengembangan ruang studio arsitektur yang lebih efektif.

References

Andrew, M. C., & Francis, T. 2008. Environmental psychology (M. Mahmoudi, Trans.). Zrbafasl.

Annisa, R., Bakri, M., & Rizky, S. F. (2024). Identifikasi konsep privasi pada indekos massa banyak: Studi kasus indekos mahasiswi di Banda Aceh. Bayt ElHikmah: Journal of Islamic Architecture and Locality, 1(1), 48–53.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 2024. Anomali Suhu Udara Bulan Desember 2024. https://www.bmkg.go.id/iklim/anomali-suhu-udara-bulan-desember-2024

Beckers, R, Van der Voordt, T., & Dewulf, G. 2016. Learning Space Preferences of Higher Education Students. Journal of building and environment, 104, 243-252.

Bisady, M., Hoseini, S. B., & Mozafar, F. 2013. Space characteristics influencing creativity of researchers of architecture and urban research center. Spring, 7(3), 239–249.

Creswell, J. W. 2013. Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). SAGE.

Frick, H. 2008. Ilmu fisika bangunan (Seri Konstruksi Arsitektur 8). Kanisius.

Heimsath, C. 1977. Behavioral architecture. McGraw-Hill.

Kumar, R. 2018. Research methodology: A step-by-step guide for beginners. SAGE.

Lang, J. T. 1987. Creating architectural theory: The role of the behavioral sciences in environmental design. Van Nostrand Reinhold.

Lina, H. M. 2021. Kenyamanan ruang kuliah di kampus ITB: Sebuah persepsi mahasiswa. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 10(4), 199–206. https://doi.org/10.32315/jlbi.v10i4.42

Mosharraf, H. M., & Tabaeian, S. M. 2014. The importance of environmental psychology in design of educational spaces. AENSI Journals: Advances in Environmental Biology, 8(22), 766–771.

Motallebi, G. L. 2002. Environmental psychology: New knowledge in the service of architecture and urban design. Fine Arts Magazine, 10, 52–67.

Muhammad, F., Kusuma, H. E., & Kurniati, F. 2019. Preferensi mahasiswa dalam memilih tempat mengerjakan tugas kuliah individu. Jurnal Arsitektur Komposisi, 13(1), 27–34.

Naufal, M. (2023). Pengaruh Desain Interior terhadap Kenyamanan Pengguna di Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Nurfajriyani, I., Intan, ., Fadilatussaniatun, Q., Yusup, I. R., & Kurniati, T. 2020. Pengaruh suhu ruangan kelas terhadap konsentrasi belajar mahasiswa pendidikan biologi semester VII (B). Jurnal Bio Educatio, 5(1), 11–15.

Smith, J. 2014. The impact of architecture on behavior. Journal of Environmental Psychology, 40, 20–27. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2014.02.001

Solissa, A. P. 2024. Studi perilaku mahasiswa arsitektur pada ruang studio arsitektur Universitas Citra Bangsa Kupang. TIMOR CERDAS - Jurnal Teknologi Informasi, Manajemen Komputer dan Rekayasa Sistem Cerdas, 3(1).

Widiastuti, I. 2006. Tinjauan prinsip-prinsip ergonomi dalam perbaikan sarana pembelajaran di Prodi Pendidikan Teknik Mesin UNS. Performa, 5(1), 87–92.

Downloads

Published

2025-06-30